Bawa-bawa Suku di Meme Anies Berbuntut Makin Lebar Kasus Ruhut

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 07:12 WIB
Ruhut Sitompul di Kejagung
Ruhut Sitompul (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta -

Postingan Ruhut Sitompul soal meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kian berbuntut panjang. Tak hanya disoal oleh masyarakat Papua karena menyinggung suku Dani, Ruhut juga disentil Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Bamus Betawi mendesak politikus PDIP itu untuk meminta maaf. Bamus Betawi keberatan Ruhut menyinggung 'Betawi' dalam penyebaran hoaks.

Berawal dari postingan Ruhut melalui akun Twitter @ruhutsitompul. Di akun Twitter-nya itu Ruhut memposting foto mem Anies memakai pakaian adat suku Dani, Papua dengan caption membawa-bawa Betawi.

"Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh," demikian caption foto meme Anies Baswedan yang diunggah akun Twitter @ruhutsitompul.

Ruhut sendiri telah angkat bicara. Ruhut membantah tudingan rasis di postingan meme Anies berpakaian adat suku Dani itu.

Ruhut menyebut maksud cuitannya hanya mau menunjukkan Anies kerap berusaha menunjukkan diri. Dalam penjelasannya ini, Ruhut juga membawa-bawa suku Jawa.

"Karena sudah dibuktikan kan dia katakan dia asli orang Yogya, ya, dia orang Jawa. Sekarang ada lagi orang yang bikin gambar dia jadi orang Papua. Macam-macam kan datang ke satu daerah asli putra. Namanya usahe kan," ujar Ruhut, Kamis (12/5).


Bamus Marah Ruhut Bawa-bawa 'Betawi'

Secara pribadi, Ketua Umum Bamus Betawi Riano mengaku tak terima karena dalam cuitan itu Ruhut disebutnya juga menyeret-nyeret masyarakat Betawi. Terlebih unggahan tersebut juga dinilainya kabar bohong (hoax) belaka.

"Kami Bamus Betawi sangat marah Saudara Ruhut menyebarkan berita hoax dengan menulis di tweet nama Betawi. Orang Betawi tidak suka menyebarkan berita bohong yang mengarah ke isu SARA dan adu domba," kata Riano dilansir dari Antara, Jumat (13/5).


Bamus Betawi Desak Ruhut Minta Maaf

Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mendesak Ruhut minta maaf atas postingan tersebut. Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mengungkit Ruhut yang turut menyertakan kata 'Betawi' dalam postingannya.

Riano menilai postingan Ruhut seakan-akan hendak membenturkan antarsuku bangsa di Tanah Air lewat meme Anies yang berbusana adat dari salah satu suku di Papua.

"Karena itu, kami warga Betawi meminta Saudara Ruhut meminta maaf ke masyarakat Betawi, karena sudah membawa-bawa nama Betawi dalam menyebarkan hoaks," kata Riano.


Baca di halaman selanjutnya: Wagub DKI A Riza Patria sentil Ruhut.

Saksikan juga Viral: Mengunjungi Kediaman Badut Cilik Cantik yang Viral di Sosmed

[Gambas:Video 20detik]