Kompolnas: Orasi Kapolri di May Day Bentuk Pengakuan Negara Atas Peran Buruh

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 00:15 WIB
Poengky Indarti
Foto: Komisioner Kompolnas Poengky (Ari Saputra/detik)
Jakarta -

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menilai pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berorasi di tengah massa buruh yang menggelar demonstrasi dalam rangka May Day 2022 merupakan wujud negara yang mengakui peranan buruh dalam meningkatkan perekonomian. Poengky mengapresiasi orasi Kapolri.

"Kami mengapresiasi Bapak Kapolri yang hadir langsung di GBK dan mendukung perayaan May Day. Kami juga memuji sambutan Kapolri yang mengucapkan terima kasih kepada buruh atas upaya buruh dalam menyukseskan peningkatan ekonomi nasional," kata Poengky dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/5/2022).

Poengky mengatakan kehadiran serta Orasi Sigit meningkatkan moral kaum buruh.

"Ucapan terima kasih dari Kapolri sangat meningkatkan moral Buruh dan merupakan bentuk pengakuan Negara atas perjuangan Buruh dalam meningkatkan perekonomian nasional," imbuh Poengky.

Dia lalu menyuarakan Kompolnas juga mengapresiasi pelaksanaan demo May Day yang berlangsung damai. Hal tersebut menunjukkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara kepolisian dengan serikat buruh.

"Kompolnas menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan aksi May Day yang berlangsung hari ini secara serentak di seluruh Indonesia berjalan secara damai, lancar, aman, dan sukses. Kerjasama serta koordinasi yang baik antara konfederasi serikat buruh dengan aparat Kepolisian patut dipuji," ujar Poengky.

Poengky melanjutkan, koordinasi yang baik antara kepolisian dan massa buruh membuat aspirasi tersampaikan dengan jelas dan utuh. Poengky berharap demo May Day hari ini dapat dijadikan contoh, baik oleh kepolisian maupun serikat buruh, di waktu mendatang.

"Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik tersebut, maka hak-hak buruh dapat disuarakan secara bebas. Kami berharap koordinasi yang baik ini dapat menjadi contoh jika di kemudian hari serikat buruh melaksanakan unjuk rasa," ucap Poengky.

Poengky menegaskan unjuk rasa adalah bagian dari kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat yang patut dihormati.

Kapolri Harap Buruh Sejahtera

Dalam acara May Day ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyempatkan hadir di tengah-tengah massa buruh. Mantan Kabareskrim itu mengucapkan selamat hari buruh secara langsung.

Tak lupa, Sigit juga menaruh harapan pada perayaan momen hari buruh se-dunia tahun ini. Dia berharap buruh di Indonesia bisa semakin sejahtera.

"Semoga buruh semakin sejahtera," kata Sigit disambut riuh tepuk tangan.

Sigit juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada buruh yang turut serta berjuang melawan pandemi COVID-19. Antara lain dengan mengindahkan protokol kesehatan hingga mensukseskan vaksinasi.

"Dalam kesempatan ini juga kami mengucapkan apresiasi dan kehormatan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan buruh yang telah bersama-sama berjuang bersama elemen bangsa yang lain pada saat kita menghadapi pandemi COVID-19 dua tahun ini," pungkasnya.

Sigit menekankan, berkat kerja keras buruh di masa sulit pandemi COVID-19 ini, pertumbuhan perekonomian Indonesia terus membaik. Saat ini berada di atas angka 5 persen.

"Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi negara-negara maju lainnya. Ini semua berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan buruh semua. Kami mewakili Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan buruh," ujar Sigit.

(aud/dek)