ADVERTISEMENT

Cegah Penyusup, Polisi Periksa Barang Bawaan Massa May Day di GBK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 10:36 WIB
Kapolres Jakpus Kombes Komarudin di GBK Senayan
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin (Azhar Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh merayakan May Day di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, hari ini. Polisi akan melakukan pemeriksaan terhadap peserta May Day untuk menghindari kelompok penyusup.

"Di pintu ring 2, ada 8 pintu masuk di sini Pintu A sampai H itu akan kita lakukan pemeriksaan. Tentunya kita berharap juga ini tidak dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok lain yang memang yang bukan buruh," kata Kapolres Jakpus Kombes Komarudin di GBK, Senayan, Sabtu (14/5/2022).

Komarudin berharap perayaan May Day akan berjalan dengan lancar. Polisi bakal memastikan massa tidak membawa barang terlarang ke lokasi.

"Dan tentunya juga kita berharap bahwa aktivitas di dalam nanti bisa berjalan dengan lancar. Kita melakukan pemeriksaan terhadap pembawaan ataupun barang-barang bawaan, seperti sajam, senpi. Kemudian juga miras, termasuk juga mercon dan sebagainya," katanya.

"Ini dilarang ya, ini demi untuk terselenggaranya kegiatan ini berjalan dengan lancar. Harapan kita bersama sehingga kegiatan dalam tidak terganggu," sambungnya.

Selanjutnya, Komarudin mengatakan massa akan memulai kegiatan pada pukul 11.00 WIB. Dia menyebut massa masih berada dalam perjalanan.

"Kalau sesuai dengan jadwal jam 11 itu sudah mulai kegiatan, sambil nanti ada pergerakan dari beberapa buruh yang memang saat ini sudah dalam perjalanan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pada pukul 08.30 WIB, belum diadakan pengalihan lalu lintas. Pihaknya memang sebelumnya telah mengimbau warga untuk tidak melintas di kawasan GBK ataupun DPR.

"Sampai dengan pukul 08.30 WIB belum ada pengalihan. Kita sudah mengimbau kepada warga Jakarta, sebaiknya memang hari ini menghindari kawasan GBK, dan kawasan seputar depan DPR/MPR untuk tidak terjebak kemacetan," katanya.

"Karena mulai pagi ini sampai dengan siang dan nanti selesainya pada sore dan malam hari, itu akan dipenuhi oleh massa dari buruh yang akan melaksanakan May Day Fiesta," tambahnya.

Simak Video 'Ribuan Petugas Siaga, Begini Suasana GBK Jelang May Day Fiesta':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT