ADVERTISEMENT

Profil 3 Sosok di Bursa Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 19:05 WIB
Profil 3 Sosok di Bursa Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies
Sekda DKI Marullah. (Anggi M/detikcom)

Sekda DKI Jakarta Marullah ikut digadang-gadang menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Putra asli Betawi ini telah lama berkarier di DKI Jakarta.

Sebelum menjabat Sekda DKI, Marullah pernah menduduki jabatan sebagai Wali Kota Jakarta Selatan pada 2018-2021. Selain itu, sejumlah jabatan di lingkup Pemprov DKI pernah Marullah emban.

Pada 2021, Marullah terpilih dari tiga kandidat calon Sekda yang diajukan Anies Baswedan. Ketiga kandidat itu ialah Asisten Sekda Bidang Ekonomi Marullah Matali, menjabat Wali Kota Jakarta Selatan; dan Sigit Wijatmoko, menjabat Wali Kota Jakarta Utara.

"Betul, dia terpilih dari tiga kandidat yang diusulkan Pak Gub ke Presiden sejak 4 minggu lalu ya," kata Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif kepada detikcom, Kamis (14/1/2021).

Marullah sendiri ditunjuk menjadi Sekda DKI karena Sekda sebelumnya, Saefullah, meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Marullah juga pernah mendapat penghargaan, yakni Penghargaan Masa Kerja 15 Tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI (2012)

(rak/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT