4 Fakta Baru Ambulans Kena Tilang di Puncak Gegara Angkut Wisatawan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 08:05 WIB
Ambulans berlogo Parta Golkar yang angkut wisatawan di Puncak, Bogor.
Penampakan ambulans 'Golkar'di Bogor yang ditilang karena bawa wisatawan. (Foto: Tangkapan layar video)
Jakarta -

Mobil ambulans berlogo Golongan Karya (Golkar) menjadi sorotan di tengah ramainya kondisi arus balik Lebaran di kawasan Puncak, Bogor. Ambulans menerobos one way melawan arah itu bukan membawa pasien, melainkan mengangkut wisatawan.

Sejumlah fakta baru terungkap terkait kasus ambulans bawa wisatawan ini. Berikut selengkapnya yang kami rangkum:


1) Ambulans Tak Punya Rekomendasi Karoseri

Kanit Reggident Satlantas Polres Bogor Iptu Danny Sutarman mengatakan ambulans berlogo Golkar tersebut merupakan kendaraan penumpang. Yang mana, alih fungsi kendaraan penumpang menjadi ambulans ini seharusnya memiliki rekomendasi dari karoseri.

Jadi kalau untuk kendaraan ambulans itu jenis kendaraannya akan diubah sesuai dengan rekomendasi yang keluar dari Karoseri. Nanti Karoseri akan memberikan rekomendasi bahwa kendaraan tersebut sudah dialih fungsikan atau ubah bentuk dari kendaraan mobil penumpang menjadi mobil ambulans," ujar Danny saat dihubungi, Minggu (8/5/2022).


2) Rotator Ambulans Akan Dicopot

Ambulans merupakan salah satu kendaraan yang mendapat prioritas di jalan dan diperbolehkan menggunakan rotator. Namun, lantaran ambulans yang angkut wisatawan ini tidak memiliki rekomendasi, maka polisi akan mencopot rotator pada ambulans tersebut.

"Nah dari situ, kita sudah lihat ini nggak punya regulasi untuk menjadi mobil ambulans jadi kemungkinan ini kita copot rotatornya kita copot. (Nggak bisa disebut mobil ambulans) iya," lanjutnya.


Simak di halaman berikutnya: kesalahan-kesalahan ambulans pembawa wisatawan.