4 Kesalahan Ambulans 'ARB' Bawa Wisatawan di Puncak hingga Ditilang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 08:40 WIB
Ambulans ditilang di one way di Simpang Gadog, 7 Mei 2022. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Ambulans ditilang di one way di Simpang Gadog, 7 Mei 2022. (Foto: Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Polisi menilang dua mobil ambulans disalahgunakan saat melintas di kawasan Puncak, Bogor, di momen libur Lebaran lalu. Kedua mobil ambulans tersebut tidak membawa pasien, melainkan membawa wisatawan yang akan berlibur di kawasan Puncak, Bogor.

Dua mobil ambulans itu ditilang di kawasan Puncak, Bogor, pada Sabtu (7/5/2022). Keduanya yaitu ambulans bernopol B-2005-GL dan ambulans berlogo Golkar bernopol B-1070-KIX. Kedua ambulans ini sudah ditilang.

Dari kedua ambulans tersebut, salah satunya ambulans berlogo 'Ambulans Relawan Beringin' atau ARB setidaknya terdapat 4 kesalahan hingga akhirnya ditilang. Berikut selengkapnya:

1. Ambulans Tak Bawa Pasien, tapi Wisatawan

Seusia peruntukannya, ambulans seharusnya digunakan untuk membawa pasien. Tetapi dua ambulans nyeleneh ini malah membawa wisatawan yang akan berlibur di Puncak.

"Tapi ternyata, setelah diperiksa, di dalamnya bukan orang sakit, tapi orang mau berlibur. Sehingga akhirnya kami bawa ambulans ke Pos Gadog dan dilakukan penindakan," jelas Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).


2. Ambulans Terobos One Way Lawan Arus

AKBP Iman mengatakan dua ambulans tersebut ditindak karena menerobos one way. Kedua ambulans meminta prioritas dengan melawan arah untuk menuju ke aras (Puncak).

"Ada ambulans yang digunakan menerobos jalur one way tersebut. Kami sudah tekankan kepada anggota, apabila ada ambulans yang memerlukan pengawalan prioritas, kami akan melakukan prioritas," kata Iman.

"Makanya kami tadi hentikan untuk diberi pengawalan tadinya," imbuh dia.

Tapi setelah dicek, kedua ambulans itu tidak membawa pasien, melainkan membawa wisatawan.

Simak juga video 'Heboh Ambulans di Puncak Nekat Terobos One Way Demi Liburan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak di halaman selanjutnya: kesalahan lain ambulans 'wisatawan'.