detikcom Do Your Magic

Jika Tak Kelar 3 Hari, Pembongkaran WTP City Garden Dilanjut Usai Lebaran

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 17:29 WIB
Pembongkaran water treatment plant (WTP) di Rusun City Garden, Jakbar, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Pembongkaran water treatment plant (WTP) di Rusun City Garden, Jakbar, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Water treatment plant (WTP) atau instalasi pengolahan air (IPA) di Rumah Susun Milik City Garden ditargetkan rampung dalam tiga hari. Pengerjaan pembongkaran itu sudah dilakukan sejak kemarin.

"Diprediksi tiga hari kurang lebih ya, cuma lihat situasi dan kondisi dan mematuhi aturan pemerintah jadwal libur untuk lebaran," kata pengurus PT Padi Hijau Buana, Ari, saat ditemui di lokasi pembongkaran WTP Rusun City Garden, Selasa (26/4/2022).

Ari menyebut pembongkaran WTP berjalan lambat. Hal itu dikarenakan kekurangan tenaga karena kondisi puasa. Kemudian, para pekerja kesulitan memotong bagian WTP karena sebagian besar bahannya merupakan besi.

"Kendala kita tenaga, kedua ini kita motongin besi kan. Ya itulah kurang tenaga di samping kurang tenaga tidak bisa maksimal karena satu, kondisi puasa, besinya susah dipotong," tuturnya.

Tidak menutup kemungkinan, target penyelesaian pembongkaran WTP tidak tercapai. Pembongkaran WTP itu bakal terjeda dengan libur lebaran. Proses pembongkaran akan dilanjutkan setelah libur selesai.

"Nah selepas itu nanti akan berlanjut setelah lebaran," ujarnya.

Dari surat pembongkaran yang dilihat detikcom, surat itu tertanggal 21 April 2022 dari PT Padi Hijau Buana dengan no 085/CG/PHB/IV/2022 perihal Pemberitahuan Pembongkaran dan Pengangkutan WTP City Garden. Isi surat itu sebagai berikut:

Kepada Yth:
Perwakilan Warga Apartment City Garden di tempat

Dengan hormat,
Menindaklnjuti hasil pertemuan dengan Dinas Sumber Daya Air pada tanggal 20 April 2022 yang lalu, maka bersama ini kami infokan jadwal pembongkaran WTP di Apartment City Garden pada hari Senin-Rabu tanggal 25 April 2022 - 27 April 2022 dimulai jam 08.00 s/d selesai.

Kami mohon maaf sebelumnya jika nanti akan terjadi kebisingan dan lainnya saat terjadi pembongkaran WTP tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Untuk diketahui, WTP ini disediakan oleh pihak pengelola rusun, padahal sedianya para penghuni rusun mendapatkan air bersih dari instalasi PAM yang dijanjikan oleh pihak pengembang. WTP yang tersedia tidak mengeluarkan air bersih, melainkan air yang kotor dan membuat warga rusun mengalami gangguan kulit.

Akhirnya, WTP dibongkar Senin (25/4) kemarin. Ada perwakilan dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang hadir dalam penyegelan ini. Selanjutnya, WTP ini akan dibongkar.

Penyegelan Water Treatment Plant (WTP) di Rusun City Garden. (Dok Istimewa)Penyegelan Water Treatment Plant (WTP) di Rusun City Garden. (Dok Istimewa)

"WTP dibongkar karena bertahun-tahun sudah diprotes warga karena air semakin tidak layak sehingga disegel oleh pihak Dinas SDA," kata salah seorang penghuni rusun bernama Yusril, Senin (25/4).

Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, warga membeli air tangki dengan biaya secara swadaya. Air tangki dibeli dengan harga Rp 35 ribu per kubik.

Simak juga 'Krisis Air Bersih, Warga Rusunami City Garden Ngadu ke Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)