detikcom Do Your Magic

Soal Krisis Air City Garden, Ombudsman Akan Panggil Pihak Pemprov DKI

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 20:49 WIB
Rusunami City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Rusun City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Ombudsman telah menerima aduan warga Rumah Susun Milik City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, yang mengalami krisis air bersih selama 12 tahun. Selanjutnya, Ombudsman akan memanggil pihak terlapor yakni Pemprov DKI Jakarta.

"Terkait laporan tersebut, Ombudsman menjadikannya dua laporan dan dalam minggu depan akan melakukan pemanggilan," kata Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Dedy Irsan kepada detikcom, Jumat (15/4/2022).

Ombudsman Jakarta telah melakukan verifikasi formil dan materiil untuk memastikan laporan tersebut memenuhi syarat. Dua pihak Pemprov DKI Jakarta yang akan dipanggil adalah:

1. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman terkait pembentukan P3SRS
2. Dinas SDA, terkait penyediaan air bersih di kawasan Rusun City Garden

"Rencananya Senin depan dikirim suratnya," kata Dedy Irsan.

Sekilas soal masalah air bersih di Rusun City Garden, 12 tahun lalu, warga Rusun City Garden dijanjikan oleh pengembang (developor) Rusun instalasi PDAM. Namun, janji instalasi pipa air bersih itu tidak kunjung direalisasikan pengembang. Selanjutnya, mereka difasilitasi air dari water treatment plant (WTP). Mereka mengeluhkan air yang tersedia tidak bersih dan mereka juga mengeluhkan sakit kulit. Kini mereka kesulitan air dan membeli layanan air tanki secara swadaya.

Warga City Garden kemudian melaporkan permasalahan tersebut ke Ombudsman pada Kamis (31/4) lalu. Terlapornya ada dua yaitu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja). Mereka membawa bukti seperti botol berisi air dari pengelola, foto-foto warga yang mengalami sakit kulit akibat penggunaan air tersebut, serta beberapa surat laporan.

(dnu/dnu)