detikcom Do Your Magic

Tak Hasilkan Air Bersih, WTP di Rusun City Garden Dibongkar!

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 13:14 WIB
Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembongkaran water treatment plant (WTP) atau instalasi pengolahan air (IPA) di Rumah Susun Milik City Garden, di Cengkareng, Jakarta Barat, dijalankan. Pembongkaran hari ini merupakan pembongkaran hari kedua yang dilakukan oleh PT Padi Hijau Buana.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (26/4/2022) sekitar pukul 12.25 WIB, WTP terus dilakukan. Sebelas personel yang melakukan pembongkaran kini tengah berada di lokasi.

Satu per satu tangki air dilepaskan dari penyangga. Tangki itu dicopot dan digulingkan para pekerja untuk nantinya diangkut ke truk.

Tampak para personel pembongkaran membagi tugas satu sama lain. Ada yang bergotong royong menggulingkan tangki air, ada pula yang memotong tiang penyangga pada WTP menggunakan mesin pemotong bertenaga listrik. Kemudian, ada pula yang bekerja sama mengangkat potongan tiang tersebut.

Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Tampak belum banyak bagian bangunan WTP yang telah dibongkar hingga tengah hari. Satu mobil truk tampak terparkir di samping WTP untuk mengakut hasil pembongkaran. Ada satu tangki air yang berada di truk tersebut.

Selain itu, terlihat satu forklift terparkir di samping truk itu. Saat ini forklift tidak digunakan.

Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)Pembongkaran Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Rusun City Garden, 26 April 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Terlihat para pekerja tengah beristirahat saat ini. Mereka merupakan pekerja dari pemilik WTP, yaitu PT Padi Hijau Buana. Adapun WTP ini dulunya disediakan oleh pihak pengelola rusun, PT SCP.

Dari surat pembongkaran yang dilihat detikcom, surat itu tertanggal 21 April 2022 dari PT Padi Hijau Buana dengan no 085/CG/PHB/IV/2022 perihal Pemberitahuan Pembongkaran dan Pengangkutan WTP City Garden. Isi surat itu sebagai berikut:

Kepada Yth:
Perwakilan Warga Apartment City Garden di tempat

Dengan hormat,
Menindaklnjuti hasil pertemuan dengan Dinas Sumber Daya Air pada tanggal 20 April 2022 yang lalu, maka bersama ini kami infokan jadwal pembongkaran WTP di Apartment City Garden pada hari Senin-Rabu tanggal 25 April 2022 - 27 April 2022 dimulai jam 08.00 s/d selesai.

Kami mohon maaf sebelumnya jika nanti akan terjadi kebisingan dan lainnya saat terjadi pembongkaran WTP tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Untuk diketahui, WTP ini dibangun oleh pihak pengelola rusun, padahal sedianya para penghuni rusun mendapatkan air bersih dari instalasi PAM yang dijanjikan oleh pihak pengembang. WTP yang tersedia tidak mengeluarkan air bersih, melainkan air yang kotor dan membuat warga rusun mengalami gangguan kulit.

Akhirnya, WTP mulai disegel Senin (25/4) kemarin. Ada perwakilan dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang hadir dalam penyegelan ini. Selanjutnya, WTP ini akan dibongkar.

"WTP dibongkar karena bertahun-tahun sudah diprotes warga karena air semakin tidak layak sehingga disegel oleh pihak Dinas SDA," kata salah seorang penghuni rusun bernama Yusril, Senin (25/4).

Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, warga membeli air tangki dengan biaya secara swadaya. Air tangki dibeli dengan harga Rp 35 ribu per kubik.

Krisis air bersih

Sekilas soal masalah air bersih di Rusun City Garden, 12 tahun lalu, warga Rusun City Garden dijanjikan oleh pengembang (developer) rusun instalasi PDAM. Namun, janji instalasi pipa air bersih itu tidak kunjung direalisasikan pengembang. Selanjutnya, mereka difasilitasi air dari water treatment plant (WTP). Mereka mengeluhkan air yang tersedia tidak bersih dan mengeluhkan sakit kulit. Kini mereka kesulitan air dan membeli layanan air tangki secara swadaya.

Warga City Garden kemudian melaporkan permasalahan tersebut ke Ombudsman pada Kamis (31/4) lalu. Terlapornya ada dua, yaitu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja). Mereka membawa bukti seperti botol berisi air dari pengelola, foto-foto warga yang mengalami sakit kulit akibat penggunaan air tersebut, serta beberapa surat laporan.

(dnu/dnu)