Jejak Panjang Debat Panas Eks Jubir KPK Vs Fahri Hamzah, Terbaru Isu Migor

ADVERTISEMENT

Jejak Panjang Debat Panas Eks Jubir KPK Vs Fahri Hamzah, Terbaru Isu Migor

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 16:26 WIB
Fahri Hamzah dan Febri Diansyah
Foto: Repro detikcom

2. Usul KPK Dibubarkan

Tak hanya itu, selang beberapa waktu kemudian di tahun yang sama, Fahri Hamzah dan Febri Diansyah pun terlibat lagi debat panas. Kala itu, Fahri mengusulkan agar KPK dibubarkan dan kewenangannya diserahkan ke Kejaksaan dan Kepolisian.

"Presiden tuh ya, omongnya ke mana-mana. Jangan ribut, jangan ribut, coba bikin statistik, yang bikin ribut di Indonesia cuma satu, cuma KPK. Yang lain kan nggak ada yang bikin ribut, diam-diam saja kan. Ini semua kan karena KPK," ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Merespons Fahri Hamzah, Febri Diansyah yang kala itu masih di KPK mengakui tidak semua orang melihat sisi positif pemberantasan korupsi.

"Ada sejumlah orang yang melihat sisi negatif dari pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK," kata Febri Diansyah kepada wartawan di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2017).

"Ada banyak tuduhan memang ya, yang ada di luar, dan ternyata itu terbukti kemudian tidak benar. Misalnya pernah disampaikan bahwa ada tuduhan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK ilegal. Saya kira itu mudah sekali sebenarnya dijawab. Bahwa itu dilakukan menurut KUHAP. Jelas sekali sebenarnya di Pasal 1 KUHAP, salah satu poinnya itu soal tertangkap tangan di sana," ujar Febri.

3. Tudingan Skandal di KPK

Selanjutnya pada awal tahun 2018, Fahri Hamzah juga sempat berdebat dengan Febri Diansyah terkait tudingan skandal dalam pemberantasan korupsi di KPK. Fahri pun berharap pihak kepolisian dapat mengusut lebih dalam kasus korupsi yang dilakukan Nazaruddin. Ia juga menyatakan bersedia bersaksi jika kepolisian mau mengusut hal tersebut.

"Ini saya sebut skandal pemberantasan korupsi. Ini skandal. Pemberantasan korupsinya sendiri skandal. Korupsi itu sekarang sumbernya ini (menunjuk kumpulan kasus korupsi Nazar). Ini disebut nyanyian Nazaruddin," kata Fahri saat itu.

"Kalau polisi menjamin mau mengusut ini tuntas skandal ini, saya akan datang melaporkan tidak saja bahan yang saya punya, bahan-bahan yang saya simpan saya bisa laporkan dan saya mau bersaksi di kepolisian," imbuh Fahri.

Febri Diansyah pun angkat bicara soal tuduhan Fahri Hamzah tentang adanya skandal dalam pemberantasan korupsi. Dia menyebut hal semacam itu sudah kerap ditudingkan pada KPK.

"Itu sebenarnya sudah sekian kali saya dengar ya seperti itu dan sering juga kita jelaskan," ujar Febri Diansyah, Selasa (20/2/2018).

Febri menyebut seorang saksi, tersangka, bahkan terdakwa sekali pun dilindungi undang-undang untuk bekerja sama dengan penegak hukum. Selama ada keterangan penting yang disampaikan oleh mereka yang bekerja sama, Febri menyebut KPK akan menerima tetapi tetap ditelaah.

Simak selengkapnya perdebatan keduanya yang lain di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT