Panjang Urusan Lion Air Buntut Kerumunan Pelamar Kerja di Tangerang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 06:00 WIB
Kerumunan pelamar kerja di rekrutmen Lion Air di Tangerang (Istimewa)
Foto: Kerumunan pelamar kerja di rekrutmen Lion Air di Tangerang (Istimewa)
Jakarta -

Kerumunan para pelamar kerja di Lion Air Group, di Kecamatan Neglasari, Tangerang, beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Manajemen Lion Air dipanggil Satgas COVID-19 Kecamatan Neglasari karena kerumunan pelamar kerja yang membeludak hingga menimbulkan kemacetan parah.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Marsekal Suryadama, Neglasari, Tangerang, pada Sabtu (16/4) sekitar pukul 09.00 WIB. Kerumunan para pencari kerja itu mengular hingga memadati jalan raya.

"Woi... santai, woi...," kata perekam video seperti dilihat, Sabtu (16/4/2022).

Proses Rekrutmen Tanpa Pemberitahuan

Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama mengatakan ada ribuan orang yang pada pagi itu datang melamar pekerjaan di kantor Lion Operation Center, Neglasari, Tangerang.

"Lion Air Group melaksanakan rekrutmen pegawai baru untuk mengisi tugas sebagai portir dan ground handling. Kegiatan yang dilakukan di kantor Lion Operation Center, Neglasari, ini menarik minat pelamar hingga ribuan orang," kata Putra saat dihubungi, Sabtu (16/4/2022).

Putra mengatakan tidak ada pemberitahuan ke pihak kepolisian terkait adanya rekrutmen pegawai di Lion Operation Center. Tingginya animo para pelamar kerja membuat lalu lintas di lokasi macet total.

"Kegiatan rekrutmen ini dilakukan tanpa ada pemberitahuan sama sekali baik ke polsek ataupun ke perangkat kecamatan sampai dengan RW dan RT, sehingga tidak ada rapat persiapan dengan baik. Kegiatan ini menyebabkan lalu lintas di kedua arah macet total," ucap Putra.

Polisi Bubarkan Kerumunan Ribuan Pelamar

Kompol Putra mengatakan proses rekrutmen tersebut berjalan tanpa pengaturan parkir hingga pembagian jam kedatangan bagi pelamar. Polisi pun mengambil tindakan menyetop rekrutmen dan membubarkan kerumunan para pelamar.

"Tidak ada pengaturan parkir, tidak ada pembagian jam peserta yang ikut rekrutmen, sehingga polisi meminta kegiatan rekrutmen Lion Air disetop," tambahnya.

Baca di halaman selanjutnya: Satgas COVID memanggil manajemen Lion Air

Simak Video: Pelamar Rekrutmen Lion Air di Tangerang Membeludak Hingga Banjiri Jalan

[Gambas:Video 20detik]