Satgas COVID Tangerang Panggil Pihak Lion Air soal Kerumunan Pelamar Kerja

Khairul Ma'arif - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 13:44 WIB
Camat Neglasari, Tangerang, Tubagus Suni
Camat Neglasari, Tangerang, Tubagus Suni (Khairul/detikcom)
Tangerang -

Manajemen Lion Air Group dipanggil Satgas COVID-19 Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Ini buntut kejadian membeludaknya pelamar kerja yang terjadi pada 16 April 2022.

"Tadi kita sudah dapatkan beberapa informasi yang kemudian informasi itu pun akan kami laporkan kepada Satgas COVID-19 Kota Tangerang. Tadi yang hadir dari pihak Lion Air cukup banyak, ada empat orang, tapi dari Satgas kecamatan tadi lengkap. Dari Polsek juga ada, dari Koramil juga ada," ujar Camat Neglasari, Tubagus Suni, kepada wartawan di kantornya, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin pihak Lion Air akan mendapatkan sanksi atas kejadian tersebut. Namun Sani belum dapat memastikan sanksinya seperti apa dan bagaimana bentuknya nanti.

"Kita lagi proses dulu semuanya berdasarkan hasil dari informasi yang disampaikan hari ini. Belum bisa kita perkirakan (sanksi yang akan diberikan), kan seharusnya di fakta yang ada. Kita tidak bisa memperkirakan apa yang ada," tambahnya.

Sementara itu, ia tidak dapat memastikan apakah dari sekian banyak yang membeludak itu semuanya warga Neglasari atau bukan. Menurutnya, tahapan selanjutnya dari proses ini adalah melaporkannya ke pihak Satgas COVID-19 Kota Tangerang.

Sani menjelaskan untuk pemanggilan hari ini hanya dilakukan konfirmasi dari pihak Lion Air terkait penyebab kerumunan pelamar kerja. Ia menegaskan pihaknya menekankan proses perekrutan karyawan yang menitikberatkan pada penerapan protokol kesehatan yang terjaga pula.

"Justru kita ga bisa mengidentifikasi kalau itu. Kalau dari informasi mereka, warga Neglasari pun ada. Tapi kita tidak tahu jumlahnya berapa. Jadi hanya meminta konfirmasi dari pihak Lion Air apa sih penyebabnya yang menjadi kejadian hari Sabtu kemarin," bebernya.

Di tempat yang sama, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pihaknya sebelumnya menargetkan menerima 200 pelamar per hari dengan penerapan protokol kesehatan. Namun ternyata yang datang melebihi dari target yang ditentukan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala PrihantoroCorporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro (Khairul/detikcom)

"Mengenai proses yang dilakukan atau sudah yang dijalankan kemarin tentang pelaksanaan rekrutmen di Lion Air Group, Sabtu, 16 April 2022. Dan ini menekankan bahwa pada proses perekrutan, itu tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yang kedua, jumlah yang ditargetkan sejumlah 200 orang, itu jumlah yang datang melebihi dari kapasitas tersebut," ujar Danang.

Danang menambahkan pihaknya mengevaluasi proses seleksi calon pelamar kerja agar tidak menimbulkan kerumunan serupa. Ke depan, proses seleksi akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Itu menjadi evaluasi kami, karena prediksi awal kami kan angkanya 200, jumlah pelamar dan tetap protokol kesehatan untuk proses perekrutan. Itu menjadi salah satu rekomendasi ke depan, dan kami akan memperhatikan ketika melakukan rekrutmen.


Baca di halaman berikutnya: polisi bubarkan kerumunan pelamar kerja di Lion Air Group

Simak Video 'Pelamar Rekrutmen Lion Air di Tangerang Membeludak Hingga Banjiri Jalan':

[Gambas:Video 20detik]