ADVERTISEMENT

Bikin KTP 15 Menit Selesai, Anies Yakin Warga DKI Jadi Lebih Puas

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 21:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kaltim, Minggu (13/3/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. screenshot akun Instagram Pemprov Kaltim)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta meluncurkan layanan kependudukan 15 menit selesai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang inovasi ini bisa meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dari pemerintah.

"Ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat memiliki kepuasan yang lebih tinggi, dalam menerima pelayanan dari pemerintah. Hal ini juga memberikan kepercayaan bahwa efisiensi efektivitas itu, bisa dilaksanakan di jajaran paling depan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022).

Anies menjelaskan ada 12 jenis pelayanan kependudukan yang bisa dilayani dalam waktu 15 menit. Adapun inovasi layanan ini telah dimulai sejak Maret 2022 dan diupayakan berkelanjutan.

"Dalam hal ini, kami mengapresiasi Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, yang sudah memberikan bimbingan kepada kita semua. Sehingga, kita bisa melakukan implementasi di lapangan dengan efisien dan baik. Kami berharap masyarakat Jakarta bisa bersyukur untuk tinggal di Jakarta karena pelayanannya semakin lebih baik," ujar Anies.

Momen peluncuran layanan ini berlangsung di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta dihadiri oleh Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif beserta jajaran Disdukcapil DKI Jakarta.

Zudan menyampaikan inovasi Pemprov DKI dalam menjadikan pelayanan berdurasi 15 menit adalah langkah yang efisien. Kemendagri, kata dia, mengapresiasi kinerja Anies dan jajarannya.

"Ini merupakan satu titik yang sangat bagus dalam pelayanan Dukcapil bahwa 12 dokumen diselesaikan dalam waktu masing-masing 15 menit. Mengapa ini pencapaian luar biasa? Karena, penduduk Jakarta itu 11,2 juta, sejak bayi lahir sampai meninggal dunia semua membutuhkan pelayanan Adminduk," ujar Zudan.

"Saya berharap provinsi lain bisa belajar dari Dukcapil Provinsi DKI Jakarta menuju pelayanan 15 menit. Karena, komitmen Kemendagri itu pelayanannya satu jam di Permendagri No. 19 Tahun 2018 yang kita kenal dengan program Semedi (sehari mesti jadi). Nah, di Jakarta, 15 menit sudah bisa jadi, ini pencapaian yang luar biasa," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Pemprov DKI juga menerima penghargaan berupa mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kemendagri RI atas pelayanan terbaik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta dalam layanan administrasi kependudukan.

Mesin ADM dari Kemendagri ini selanjutnya beroperasi di Mall Pelayanan Publik yang ada di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

Simak video 'Heboh Jual KTP di OpenSea, Pakar Minta Pemerintah Tindak Tegas':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT