ADVERTISEMENT

Haru Ibu Melahirkan dalam Bus Jakarta-Bogor Dievakuasi ke RS

M Sholihin - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 16:21 WIB
Video seorang wanita melahirkan dalam bus rute Jakarta-Bogor viral di medsos. Momen haru tersebut banyak dibagikan warganet.  (IG @ rsuherminabogor)
Video seorang wanita melahirkan dalam bus rute Jakarta-Bogor viral di medsos. Momen haru tersebut banyak dibagikan warganet. (IG @ rsuherminabogor)
Bogor -

Video seorang wanita melahirkan dalam bus rute Jakarta-Bogor viral di media sosial (medsos). Momen haru tersebut banyak dibagikan warganet.

Dalam video yang beredar, tampak petugas medis keluar dari bus sambil membawa bayi yang baru dilahirkan. Bayi itu lalu cepat dibawa ke rumah sakit (RS).

Dalam video juga terlihat sejumlah petugas medis pria membopong wanita dari dalam bus dan meletakkannya ke atas blankar untuk dibawa ke RS.

Diketahui, wanita bernama Elis tersebut melahirkan di dalam bus yang ditumpanginya ketika melaju di Tol Jagorawi masuk kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Peristiwa itu terjadi saat wanita itu dalam perjalanan menuju Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Bus rute Tanjung Priok-Leuwiliang, Bogor, yang ditumpangi Elis kemudian berhenti di depan RS Hermina, Jalan Abdullah Bin Nuh, Kota Bogor. Momen evakuasi Elis dan bayinya ini yang kemudian viral di medsos.

Penjelasan Pihak RS

Pejabat Humas RS Hermina, Nurfitria Sofia, mengatakan bus yang ditumpangi Elis tiba di depan RS Hermina sekitar pukul 08.19 WIB. Tim medis, termasuk seorang bidan, langsung masuk ke dalam bus untuk menangani dan mengevakuasi pasien ke dalam RS.

Video seorang wanita melahirkan dalam bus rute Jakarta-Bogor viral di medsos. Momen haru tersebut banyak dibagikan warganet.  (IG @ rsuherminabogor)Video seorang wanita melahirkan dalam bus rute Jakarta-Bogor viral di medsos. Momen haru tersebut banyak dibagikan warganet. (IG @ rsuherminabogor)

"Tim masuk ke dalam bus untuk memastikan kondisi ibu dan benar di dalam bus didapati bayinya sudah lahir dalam posisi tali pusar masih terurai. Jadi tindakan yang kami lakukan antara lain menggunting tali pusar dan membawa ibu beserta bayinya ke dalam rumah sakit," kata Sofia saat dihubungi, Selasa (19/4/2022).

Dia mengatakan, dari hasil observasi sementara, Elis dan bayinya dalam kondisi kesehatan normal. Waktu kelahirannya juga disebut normal karena sudah masuk bulan kelahiran.

Simak penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya.

"Sampai saat ini kedua pasien sudah ditangani dan diobservasi. Sampai saat ini alhamdulillah baik-baik saja. Sehat bayinya, bayinya menangis, anatomi tubuhnya lengkap, ibunya juga sehat, dan bersalin secara normal. Memang sudah bulannya lahir," terang Sofi.

"Bayi sehat ya, jenis kelamin perempuan, berat badannya juga cukup 2,8 kilogram. Karena yang disebut berat badan tidak normal kalau lahirnya di bawah 2 kilogram. Panjangnya 45 sentimeter. Standarlah ya, ukuran bayi-bayi normal," tambah Sofi.

Sampai saat ini, kata Sofi, kedua pasien masih dalam penanganan medis dan menunggu hasil observasi lanjutan. Sejauh ini, lanjut Sofi, belum ada informasi medis yang negatif.

"Kondisi kesehatan kedua pasien masih perlu observasi lanjutan. Namun sampai saat ini belum ada informasi atau laporan negatif dari teman-teman tim medis," terang Sofi.

"Nggak ada kepanikan ya, ibunya juga kita tanyakan, terharu banget kelihatannya, bahagia gitu. Dia memang tidak menduga ini bakal terjadi, tapi so happy kelihatannya. Karena ditanya juga komunikatif, jadi tidak ada kendala apa pun untuk pasien ini," tambahnya.

(jbr/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT