Momen Setahun, Partai Ummat Ungkap Lantik Ketua DPW Papua Barat Kristen

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 13:07 WIB
Menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Partai Ummat. Apa alasan penunjukan pria yang akrab disapa Edo itu?
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (Pius Erlangga/detikcom)
Jakarta -

Partai Ummat kini genap berumur satu tahun. Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan partainya memantapkan konsolidasi internal dalam melawan kezaliman dan menegakkan keadilan selama satu setahun belakangan dengan membentuk DPW di 34 provinsi dalam momen setahun partainya berdiri. Partai Ummat juga berbicara membangun lingkungan yang inklusif hingga soal kerja-kerja politik juga dilakukan menjelang Pemilu 2024.

"Kerja-kerja politik memang harus kita lakukan karena itulah fungsi partai politik. Tapi yang lebih penting bagi Partai Ummat setelah berumur satu tahun adalah semakin mantapnya langkah kader di seluruh tanah air dalam melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," kata Ridho Rahmadi dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4/2022).

Ridho mengatakan pihaknya fokus menumpas ketidakadilan bagi masyarakat. Dia menjadikan Partai Ummat sebagai alat perjuangan dalam melawan ketidakadilan.

"Partai Ummat tidak hanya menjadi katalisator atau penyambung lidah bagi kaum yang terzalimi selama ini, yang mendapatkan ketidakadilan khususnya dalam bidang hukum, tetapi juga Partai Ummat telah menjadi alat perjuangan itu sendiri dalam melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujar Ridho.

Ridho melanjutkan, komitmen melawan kezaliman dan menegakkan keadilan dalam milad kesatu Partai Ummat ditandai dengan deklarasi pendirian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kabah Ummat yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mencari keadilan.

"Kita berharap dengan hadirnya LBH Kabah Ummat, keadilan semakin dekat dengan masyarakat," kata Ridho.

Lantik Ketua DPW Beragama Kristen

Sebelum pelantikan DPW Bali, NTB, dan NTT beberapa waktu lalu, Partai Ummat juga melantik DPW Papua Barat yang sebagian besar beragama Kristen.

Diketahui, DPW Papua Barat Partai Ummat diketuai oleh Jemmy Y Morin yang beragama Kristen, sekretaris Yunus Tekad K Ruslak Hammar yang beragama Katolik, dan bendahara Herni Daud Wondoi yang beragama Kristen.

Ridho menyebut partainya membangun iklim yang inklusif yang menerima keanggotaan dari semua warga negara Indonesia dari semua latar belakang etnis dan agama di Indonesia.

Dengan demikian, dia mengundang seluruh anak bangsa dengan visi dan misi yang sama untuk bergabung dengan Partai Ummat. Dia hendak melibatkan berbagai pihak untuk sama-sama berjuang menciptakan keadilan dan memperbaiki Indonesia ke depan.

"Islam ini sangat indah karena dia hadir untuk seluruh alam. Partai Ummat berazaskan Islam rahmatan lil 'alamin. Jadi jangankan dengan sesama manusia yang berbeda agama, kepada alam pun kita harus menjadi rahmat dan pembawa kebaikan bagi mereka," kata Ridho.

Simak juga Video: Partai Ummat soal Kritik Amien Rais ke Jokowi-Luhut: Negara Sedang Kritis

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)