Buntut Panjang Kritikan Keras Amien Rais ke Jokowi-Luhut

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 03:55 WIB
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Jakarta -

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengkritik keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Kritikan Amien Rais kepada Jokowi-Luhut mendapat beragam respons dari pihak pendukung pemerintah.

Jubir Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya mengatakan sudah berusaha menanyakan kepada Amien Rais perihal sorotan ke Jokowi-Luhut. Menurut Mustofa, Amien sampai mengeluarkan kritik keras terhadap Jokowi-Luhut karena kondisi Tanah Air saat ini.

"Saya coba kontak Pak Amien belum nyambung juga. Beliau kalau sudah gundah memikirkan bangsa begini, agak susah dihubungi," kata Mustofa kepada wartawan, Senin (4/4).

Mustofa menjelaskan Amien Rais memiliki landasan kuat mengkritik kondisi saat ini, utamanya terhadap Jokowi-Luhut. Menurutnya, Amien Rais salah satu tokoh penggerak reformasi dan tokoh Muhammadiyah sehingga 'asupan' asam garam politik sudah dianggap melebihi seluruh kader yang ada di Partai Ummat.

"Nah, biasanya kalau Pak Amien sudah begitu kalimatnya, berarti ya kondisi bangsa ini sudah sangat-sangat genting. Hampir semua jalan kebenaran tertutup, dan sulit menembus tembok tebal rezim," ujar Mustofa.

"Artinya, siapapun nama yang disebut, kemungkinan besar memang memiliki pengaruh besar. Baik itu pengaruh negatif maupun pengaruh positif terhadap bangsa ini," kata dia.

Mustofa Nahrawardaya Keluar dari BareskrimMustofa Nahrawardaya (Jefrie/detikcom)

Kritik Amien Rais hanya kepada Jokowi dan Luhut pun coba dijelaskan Mustofa. Kedua tokoh tersebut, menurut penilaian Mustofa memiliki pengaruh besar terhadap kondisi saat ini.

"Dalam konteks ini, Pak Amien hanya menyebut Pak Jokowi dan LBP untuk berhenti di 2024. Ya analisa saya dua pejabat ini yang dianggap sebagai kunci sebagai sumber masalah utama negeri ini. Soal nama lain yang enggak disebut, misalnya Pak Ma'ruf Amin sebagai Wapres, saya no komen saja," imbuhnya.

Gerindra Berbesar Hati

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menanggapi kritik keras Amien Rais ke pemerintahan Jokowi. Habiburokhman menyebut kritikan tersebut akan ditampung sebagai masukan.

"Ya kritikan kita tampung sebagai masukan, sebagai pihak yang di kekuasaan kami tentu harus berbesar hati," kata Habiburokhman saat dihubungi, Senin (4/4).

Habiburokhman menilai apa yang disebutkan oleh Amien Rais bertujuan demi kemaslahatan Indonesia. Dia juga mendoakan agar Amien Rais selalu sehat agar dapat memberikan kritikan kepada penyelenggara negara.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Partai Ummat soal Kritik Amien Rais ke Jokowi-Luhut: Negara Sedang Kritis

[Gambas:Video 20detik]