Polisi: Abdul Manaf Ditemukan, Tak Terlibat Pengeroyokan Ade Armando

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 20:06 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. Dok. Istimewa
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi telah menemukan Abdul Manaf, pria yang disebut sebagai pelaku pengeroyokan Ade Armando di demo 11 April. Namun, dari hasil pemeriksaan polisi, dipastikan Abdul Manaf tidak terlibat pengeroyokan Ade Armando.

"Sekarang tim kita sudah ketemu sama Abdul Manaf di Karawang. Dilakukan pemeriksaan dan pendalaman di sana, ternyata Abdul Manaf bisa dipastikan tidak terlibat dalam pemukulan dan pengeroyokan itu," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada detikcom, Rabu (13/4/2022).

Zulpan mengatakan Abdul Manaf memiliki alibi yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Polisi juga telah menguji keterangan Abdul Manaf, sehingga ia dipastikan tidak terlibat dalam pengeroyokan itu.

"Dia memiliki alibi, dia tidak berada di Jakarta pada saat itu, tapi sedang di Karawang," kata Zulpan.

Kemudian Zulpan menjelaskan soal munculnya nama Abdul Manaf sebagai orang yang teridentifikasi dalam pengeroyokan Ade Armando. Bahwa nama Abdul Manaf muncul dalam pengenalan identifikasi dengan teknologi face recognition yang dimiliki Polri.

Dari hasil face recognition terhadap seseorang yang bertopi, teridentifikasi bahwa orang tersebut adalah 'Abdul Manaf'. Tingkat kecocokan data dengan wajah saat itu 70 persen.

"Memang dari face recognition yang kita miliki, tingkat kecocokan itu terhadap Abdul Manaf ini 70 persen, karena pada saat itu dia pakai topi tertutup dan sebagainya," katanya.

Namun polisi kemudian memeriksa Abdul Manaf. Dari hasil pendalaman dan pemeriksaan tersebut polisi memastikan Abdul Manaf tak terlibat dalam pengeroyokan Ade Armando.

"Kita sudah cek dengan berbagai investigasi yang kita lakukan, yang bersangkutan bisa dipastikan pada saat itu, pada tanggal itu, pada jam itu ada di Karawang dan tidak ada di Jakarta. Jadi terbantahkan keterlibatan Abdul Manaf, sehingga kita lakukan pengejaran tinggal dua orang, tinggal Abdul Latip dan Ade Permana," papar Zulpan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengidentifikasi enam orang pelaku pengeroyokan Ade Armando. Tiga orang telah ditangkap, yakni Komarudin, Muhammad Bagja, dan Dhia Ul Haq.



Simak Video "Babak Belur Dikeroyok, Ade Armando Akan Jalani CT Scan"
[Gambas:Video 20detik]
(mea/fjp)