Muncul Desakan Menkes Turun Tangan saat Meluasnya Konflik IDI Vs Terawan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Apr 2022 06:00 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Polemik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang berawal dari pemecatan Mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto kian meluas. Percakapan di media sosial kini menyorot Ketua Umum IDI periode 2022-2025 Adib Khumaidi yang merangkap jabatan di Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga dikait-kaitkan dengan cebong-kadrun.

Desakan Menkes Turun Tangan

Desakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turun tangan datang dari Fraksi PAN DPR RI. Budi diminta segera menyelesaikan keanggotaan dr Terawan di IDI.

"Saya mendesak agar persoalan keanggotaan dr Terawan di IDI segera diselesaikan. Pasalnya, masyarakat luas sudah banyak yang bersuara. Mayoritas menginginkan agar ada penyelesaian yang baik sehingga tidak ada pihak yang dipermalukan dan dirugikan," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Saleh menyebut pemecatan Terawan dari IDI menarik perhatian publik hingga muncul narasi kadrun. Anggota Komisi IX DPR itu menilai munculnya narasi kadrun adalah bukti konflik IDI dengan Terawan sudah keluar dari substansinya.

"Pemecatan dr Terawan ini telah menarik perhatian publik. Tentu ada juga ekses negatif, antara lain suara-suara miring di media sosial. Ini sulit dihindari. Masing-masing orang punya pendapat dan pandangan. Malah lebih dari itu," sebut Saleh.

"Kasus ini kelihatannya melebar. Bahkan sudah lari dari substansi yang ada, termasuk penyebutan 'kadrun' kepada Ketum PB IDI yang baru. Ini jauh dari esensi dan kontroversi yang berkembang," lanjutnya.

Rangkap jabatan Adib Khumaidi diminta tak dipersoalkan

Simak Video 'Menkes Turun Tangan di Tengah Kisruh IDI Vs Terawan':

[Gambas:Video 20detik]