Cerita Pembersih Makam Mengais Rezeki di TPU Menteng Pulo Jelang Ramadan

ADVERTISEMENT

Cerita Pembersih Makam Mengais Rezeki di TPU Menteng Pulo Jelang Ramadan

Wildan Noviansyah - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 11:31 WIB
Para Pembersih Makam di TPU Menteng Pulo, Jaksel
Para pembersih makam di TPU Menteng Pulo, Jaksel (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ziarah kubur menjadi kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini mendatangkan berkah bagi para pembersih makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.14 WIB Sabtu (2/4/2022), terlihat para pembersih makam tengah bekerja. Mereka langsung menghampiri para peziarah untuk langsung membersihkan makam.

Salah seorang pembersih makam, Warmi (58), mengatakan sudah menjalani pekerjaan ini sejak dua tahun lalu. Dia harus menjadi pembersih makam karena suaminya mengalami sakit parah hingga tidak bisa bekerja.

"Dua tahun ini, karena suami aku nggak bisa bekerja. Biarin kerja di kuburan saja, daripada nganggur, kan," kata Warmi di lokasi, Sabtu (2/2/2022).

Warmi mengatakan biasanya dia bekerja dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, tergantung jumlah peziarah yang berkunjung ke TPU Menteng Pulo. Kata Warmi, biasanya pekerjaan yang mereka lakukan adalah memotong rumput liar hingga menyapu makam.

Warmi dan pembersih makam lainnya tidak mematok harga kepada peziarah ketika membersihkan makam.

"Kadang-kadang ada yang ngasih Rp 5.000, kadang Rp 10 ribu berempat. Tergantung keikhlasan mereka, seikhlasnya saja," ujarnya.

Selanjutnya penghasilan per hari >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT