Suasana TPU Menteng Pulo Jaksel Sepi Peziarah di H-1 Ramadan

ADVERTISEMENT

Suasana TPU Menteng Pulo Jaksel Sepi Peziarah di H-1 Ramadan

Wildan Noviansyah - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 10:32 WIB
Suasana TPU Menteng Pulo, Jaksel, Sabtu (2/4)
Suasana TPU Menteng Pulo, Jaksel, Sabtu (2/4). (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2021. Satu hari menjelang Ramadan, Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, justru sepi peziarah.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 09.15 WIB, hanya terlihat beberapa peziarah yang berdatangan dan tidak seramai biasanya. Pedagang bunga berjejer di dalam TPU.

Para peziarah yang datang tampak membeli bunga yang dijual para pedagang. Namun beberapa lainnya ada yang membawa bunga dan perlengkapan ziarah lainnya sendiri. Setelah berziarah, mereka terlihat menaburkan bunga dan menuangkan air mawar di atas makam.

Suasana TPU Menteng Pulo, Jaksel, Sabtu (2/4)Suasana TPU Menteng Pulo, Jaksel, Sabtu (2/4). (Wilda/detikcom)

Kepala keamanan TPU, Karta (52), mengatakan kondisi TPU hari ini cenderung sepi. Sebab, kata dia, banyak orang yang justru melakukan ziarah di satu minggu sebelum Ramadan.

Selain itu, berdasarkan penuturan beberapa peziarah, Karta mengatakan, mereka takut jika berziarah di satu hari sebelum puasa karena khawatir situasi TPU akan penuh, bahkan berpotensi untuk ditutup karena pandemi COVID-19.

"Sepi, karena mereka beranggapan, takutnya di hari H-nya ditutup, makanya ziarahnya jauh-jauh hari. Mereka ziarahnya lebih awal," kata Karta saat ditemui di lokasi, Sabtu (2/4/2022).

Menurut Karta, situasi hari ini berbanding terbalik dengan minggu lalu. Saat itu ramai peziarah yang datang ke TPU Menteng Pulo.

"Satu minggu yang lalu ramai. Ramainya di minggu kemarin. Padat luar biasa, kita juga sampai kewalahan," kata dia.

Salah seorang peziarah asal Depok, Mahendra (42), mengatakan memilih berziarah pada hari ini karena lebih dekat dengan Ramadan.

"Saya ziarah ke makan orang tua, tiap tahun saya ke sini rutin. Jadi sebelum puasa dan nanti Idul Fitri sama Idul Adha," kata Mahendra.

"Ini kan lebih dekat dengan Ramadan, lebih terasa, lebih khusyuk. Terus juga kebetulan saya baru libur hari ini, kemarin kemarin kerja jadi belum sempat," sambungnya.

(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT