Ziarah Jelang Ramadan, Pedagang Bunga di TPU Karet Bivak Dapat Berkah

ADVERTISEMENT

Ziarah Jelang Ramadan, Pedagang Bunga di TPU Karet Bivak Dapat Berkah

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 27 Mar 2022 21:34 WIB
TPU Karet Bivak Jakarta Pusat
TPU Karet Bivak (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Tradisi ziarah kubur menjelang Ramadan menjadi kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia. Hal ini mendatangkan rezeki bagi sebagian orang di sekitar tempat pemakan umum (TPU) di kawasan Karet, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di TPU Karet Pasar Baru Barat dan TPU Karet Bivak pada Minggu (27/3/2022) tampak pedagang bunga mengular hingga ke bahu Jalan KH Mas Mansyur. Mereka menawarkan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu.

"Kalau sekarang banyak karena pada ziarah, biasanya jual bunga sama air mawar Rp 10 ribu juga bisa. Pendapatan bisa Rp 300 ribu lebih kalau ramai kayak gini," papar penjual bunga Aty (45) di TPU Karet Pasar Baru.

Momen ziarah juga tak luput bagi keluarga untuk membersihkan makam. Hal ini pula yang dijadikan ladang pencaharian oleh Arifin. Laki-laki berusia 75 tahun ini datang dari Depok untuk membantu warga membersihkan kuburan sanak keluarga.

"Saya rumahnya di Depok kerja di TPU Bivak pas menjelang puasa. Tapi orang ini sedikit gak seperti tahun lalu," kata Arifin di pemakaman Karet Bivak, Karet Tengsin, Tanah Abang.

Meski tak seramai tahun lalu, tradisi ziarah yang setiap tahun dilakukan disyukuri oleh Arifin. Setiap harinya ia bisa meraup uang sekitar Rp 100 ribu untuk menafkahi keluarga di rumah.

"Kalau menambah penghasilan memang iya, cuma nggak seberapa ya terus terang. Cuma memang yang namanya sudah tua, jadi bekerja apa saja nggak masalah. Penghasilan bisa Rp 100 ribuan per hari," sambungnya.

Perlu diketahui, di Jalan Karet Tengsin terdapat dua pemakaman umum, yakni TPU Karet Bivak dan TPU Karet Pasar Baru atau dikenal Karet Tengsin.

Menjelang Ramadan pemakaman ini selalu dipadati masyarakat. Lalu lintas pada pagi hari dan sore bahkan tersendat lantaran ramainya warga yang memakirkan kendaraan di tepi jalan untuk ziarah.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT