Perbandingan Warga soal Kondisi Lalin Sebelum dan Saat Corona di Jakarta

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 21:40 WIB
Kemacetan terjadi di Jalan Gatot Soebroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Jumat (22/12). Kemacetan ini terjadi jelang libur Ntal dan tahun baru.
Kemacetan terjadi di Jalan Gatot Soebroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Jumat (22/12). (Panji Al-hadromi/detikcom)
Jakarta -

Lalu lintas di Jalan Gatot Subroto arah Kuningan, Jakarta Selatan, padat merayap. Kendaraan roda dua ataupun roda empat kian menumpuk di ruas jalan.

detikcom mewawancarai sejumlah pengendara roda dua. Mereka bercerita sekaligus membandingkan kondisi jalan pada sebelum dan saat pandemi COVID-19.

Salah satu pengendara roda dua, Mei (29), mengungkapkan, setiap hari dia selalu melewati jalan Gatot Subroto. Hal itu karena kantornya yang berada di sekitar sana.

"Ya tiap hari lewat sini. Karena kerja, kantor di sini," kata Mei saat ditemui detikcom di lokasi, Kamis (31/3/2022) malam.

Dia membandingkan kondisi jalanan Gatot Subroto sebelum dan saat pandemi Corona. Menurutnya, sebelum ada COVID-19, jalan di Gatot Subroto arah Kuningan, Jakarta Selatan, ataupun arah Semanggi tampak padat.

Hal itu terjadi karena adanya aktivitas masyarakat di luar rumah. Namun, sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) awal diberlakukan, menurutnya, jalan tersebut kian sepi. Dia mengatakan kondisinya saat itu kegiatan masyarakat dibatasi sehingga sedikit yang beraktivitas di luar rumah.

"Kalau dulu sewaktu awal-awal sekali pandemi, itu ada perbedaan. Karena kan waktu itu kita sempat lockdown ya. Yang masyarakat nggak boleh ke mana-mana, aktivitas betul-betul dibatasi. Nah, itu cuman berlangsung sebentar, ya kira-kira 2 bulan ada lah," tuturnya.

Namun, saat PSBB selesai diberlakukan dan berganti menjadi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jalan mulai kembali padat. Masyarakat pun sudah aktif beraktikvitas di luar rumah terlebih didukung aturan baru kapasitas WFO 70 persen.

"Tapi udah selesai lockdown ketat, baru tuh mulai padet lagi. Karena kan kantor juga sudah boleh masuk ya karyawannya. Yang tadinya berapa persen, sekarang jadi berapa 70 persen ya kalau nggak salah. Nah jadi semuanya kelihatan tuh, jalan juga sudah balik normal lagi kayak dulu sebelum pandemi, gitu kan," kata Mei.

Lebih lanjut, dia memberi gambaran saat jam pulang kantor. Saat menjelang sore hari, kini Jalan Gatot Subroto sudah dipadati pengendara.

Hal itu juga terlihat di ruas jalan lainnya di Jakarta. Dia pun menilai tak ada perbedaan kondisi lalu lintas antara saat ini dan sebelum Corona.

"Jadi kalau perbedaan menurut saya sekarang sudah nggak terlihat ya. Kalau dulu pas awal-awal pandemi ya saya akui sepi banget jalanan. Bahkan Jakarta kayak kota mati," ungkapnya.