Rekomendasi BNNK Tak Pengaruhi Proses Hukum Roby 'Geisha' di Kasus Ganja

ADVERTISEMENT

Rekomendasi BNNK Tak Pengaruhi Proses Hukum Roby 'Geisha' di Kasus Ganja

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 11:30 WIB
Roby Geisha dan asistennya dibawa ke BNNK Jaksel untuk asesmen rehabilitasi narkoba
Roby 'Geisha' dan asistennya dibawa ke BNNK Jaksel untuk asesmen rehabilitasi narkoba. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Gitaris band Geisha, Roby Satria, menjalani proses asesmen setelah mengajukan permohonan rehabilitasi di kasus narkoba. Namun polisi memastikan proses hukum tetap lanjut meski nantinya Roby 'Geisha' mendapatkan rekomendasi rehabilitasi.

"Tetap (lanjut). Sampai saat ini tetap berjalan," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Achmad Akbar di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

Akbar menegaskan hasil asesmen Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan nanti bukanlah suatu putusan untuk mengabulkan permohonan rehabilitasi. Hasil asesmen nanti merupakan saran tindak lanjut kasus tersebut.

"Apa pun rekomendasi nanti, kami tim penyidik wajib melampirkannya di berkas perkara. Jadi nanti kita kirim ke tahap berikutnya," kata Akbar.

"Itu tentatif (hasil asesmen kapan keluar). Saya kira bergantung pada tim yang meneliti permasalahan ini," sambungnya.

Gitaris band Geisha, Roby Satria, mengajukan permohonan rehabilitasi setelah ditangkap polisi terkait kasus narkoba. Pagi ini, Roby Satria dibawa ke BNNK Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom, pukul 10.15 WIB, Roby 'Geisha' keluar dari ruangan penyidik Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). Roby terlihat dikawal dua polisi.

Saat keluar, terlihat Roby mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Roby tak berbicara banyak kepada awak media.

Saat hendak dibawa ke BNNK Jaksel, Roby terlihat berpenampilan baru dengan kepala plontos. Tangannya pun terlihat terborgol. Tak hanya seorang diri, asisten Roby, AJ, juga dibawa ke BNNK Jaksel.

Diberitakan sebelumnya, gitaris band Geisha, Roby Satria, dan asistennya, AJ, resmi ditahan polisi di kasus ganja. Keduanya ditahan seusai pemeriksaan sebagai tersangka.

"Dari kami tim penyidik, terhitung mulai kemarin kita sudah mengambil langkah penahanan terhadap keduanya. Tentunya ini merupakan bagian dari proses penyidikan yang berkelanjutan," ujar Achmad di Polres Metro Jaksel, Rabu (23/3/2022).

Dalam kasus ini, kepolisian tidak mengambil restorative justice. Perkara ini akan dilanjutkan ke persidangan berikutnya.

"Maka dengan demikian kami dari tim penyidik tidak mengambil mekanisme restorative justice," kata dia.

Alasan pihaknya tidak mengambil jalan restorative justice adalah berulangnya perbuatan yang dilakukan Roby. itu, Sementara itu, faktor lainnya adalah kuantitas barang bukti yang berkaitan dengan proses penyidikan.

"Proses utamanya adalah penyidikan. Inilah yang kita terapkan dalam perkara ini. Memang mengapa kita tidak mengambil langkah restorative justice, karena salah satu perkembangannya, berulangnya perbuatan yang bersangkutan," kata Achmad.

(ain/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT