Pimpinan DPR Tampung Harapan Dubes Ukraina agar G20 Hentikan Serangan Rusia

ADVERTISEMENT

Pimpinan DPR Tampung Harapan Dubes Ukraina agar G20 Hentikan Serangan Rusia

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 18:00 WIB
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin.
Cak Imin bertemu dengan Dubes Ukraina. (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/detikcom)

"Saya berterima kasih kepada beliau. Apa yang terjadi di Ukraina sekarang adalah krisis kemanusiaan ekstrem. Jutaan warga Ukraina kesulitan mengakses listrik, air, makanan, layanan kesehatan dan sosial, infrastruktur juga hancur. Saya harap kemanusiaan bisa menuntaskan hal ini. Merdeka atau mati," kata Hamianin.

Dia mengatakan tak berharap Putin turut hadir di KTT G20 di Bali. Meski begitu, dia menyerahkan keputusan itu kepada pemerintah RI selaku tuan rumah.

"Saya tidak dalam posisi untuk beri nasihat kepada pemerintah atau Presiden Indonesia. Saya sangat menghargai warga Indonesia dan presidennya. Tetapi akan sangat baik apabila Federasi Rusia diboikot oleh pertemuan dan konferensi dunia," terangnya.

"Sosok kriminal dan diktator dunia saya pikir tak punya hak untuk mendiskusikan isu keamanan, stabilitas dan pengembangan dunia seperti ini (forum G20). Kehadirannya di pertemuan manapun, di publik yang bebas dan negara demokrasi akan memalukan bagi negeri ini. Itu pendapat saya," lanjut dia.

Sebelumnya, Cak Imin menerima kunjungan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva di ruang delegasi, Nusantara III Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (24/3). Dalam kesempatan ini, Cak Imin juga mendorong agar terjadi perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang tengah terlibat konflik.


(fca/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT