4 Isu Prioritas Bakal Diusung KPK dalam G20 Anti-Corruption Working Group

ADVERTISEMENT

4 Isu Prioritas Bakal Diusung KPK dalam G20 Anti-Corruption Working Group

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 17:25 WIB
Konpers persiapan pertemuan pertama G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) 2022 di KPK
Konpers persiapan pertemuan pertama G20 ACWG 2022 di KPK (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK sedang melakukan persiapan untuk menggelar pertemuan pertama G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) 2022. Nantinya, KPK akan mengusung 4 isu prioritas dalam forum bersama dengan negara-negara peserta G20.

"Dalam gelaran G20 ACWG ini, KPK mengusung 4 isu prioritas, yaitu Peningkatan Peran Audit dalam Pemberantasan Korupsi, Partisipasi Publik dan Pendidikan Antikorupsi, Pengawasan Professional Enablers dalam Tindak Pidana Pencucian Uang dan Korupsi di Sektor Renewable Energy," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat konferensi pers di gedung KPK Merah Putih, Jumat (25/3/2022).

Forum ACWG itu akan berlangsung mulai 28 hingga 31 Maret 2021. Lili menyebut Presidensi Indonesia dalam gelaran G20 menjadi ajang bagi KPK sebagai Chair ACWG. Menurutnya, KPK siap berkontribusi lebih dalam upaya-upaya pemberantasan korupsi.

"Kita harapkan manfaat akhir dari kesepakatan-kesepakatan ini adalah mewujudkan ekonomi masyarakat yang makmur yang adil, sejahtera, dan juga tentu diharapkan bersih dari korupsi," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Mochammad Hadiyana menyebut forum internasional ini dapat berbuah baik dalam upaya pemberantasan korupsi. Menurutnya, isu peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi adalah high level principles (HLP) dalam upaya memberantas korupsi di dunia.

"Apabila isu 'Peningkatan Peran Audit' dalam Pemberantasan Korupsi sebagai HLP tersebut nanti disepakati oleh seluruh anggota, maka akan tercatat dalam sejarah sebagai legacy KPK atau Indonesia sebagai presidensi Indonesia tahun 2022," ujar Hadiyana.

Nantinya, forum ACWG akan berlangsung secara virtual dan akan dibuka oleh Hadiyana selaku Chair ACWG bersama Co-chair dari Australia, Esther Bogaart. Dalam ACWG, Ketua KPK Firli Bahuri dijadwalkan hadir menjadi keynote speaker.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT