MotoGP Mandalika Sukses, Andre Rosiade Dorong F1 Indonesia di 2024

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 11:04 WIB
Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Foto: Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Jakarta -

Ajang balap MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), sukses digelar dan menyedot perhatian masyarakat dunia. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mendorong penyelenggaraan F1 di Indonesia pada 2024.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang memastikan kelancaran dan suksesnya perhelatan MotoGP tahun ini yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB. Dari tim dan pebalap nasional, sampai warga dari seluruh Indonesia ikut mendukung dan menyaksikan," kata Andre dalam keterangannya di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, suksesnya kejuaraan dunia balap motor tersebut membuktikan Indonesia mampu menghelat ajang kelas dunia lainnya seperti Formula1 atau F1. Andre yakin persiapan dua tahun cukup untuk menyelenggarakan F1 di Indonesia.

"Melihat kesuksesan MotoGP Mandalika, maka sudah saatnya pemerintah Indonesia mempersiapkan diri untuk perhelatan F1 di tahun 2024 mendatang. Masih ada dua tahun lagi untuk persiapan F1, dan satu tahun lagi MotoGP Mandalika tahun 2023 mendatang, dan saya yakin pemerintah bisa melaksanakannya," kata Andre.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini menuturkan, dengan adanya perhelatan olahraga kelas dunia tersebut tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM di Indonesia, khususnya industri ekonomi kreatif di NTB.

Namun, masalah yang dihadapi saat ini adalah ketersediaan kamar penginapan, seperti hotel, vila, dan cottage yang sangat kurang di area sirkuit Mandalika. Sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang tidak mendapatkan tempat penginapan yang dekat dengan sirkuit Mandalika.

"Kita butuh 2.000 kamar lagi di Mandalika, sekarang hanya tersedia 1.000 kamar. Kita yakin bisa menghadirkan F1 di tahun 2024, dan ini sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan pendapatan negara dan daerah dari sektor pariwisata," kata Andre.

"Karena itu, kita harapkan pemerintah menggandeng banyak investor untuk membangun 2.000 kamar penginapan untuk mendukung pariwisata di Mandalika. Dengan begitu, ekonomi Indonesia akan cepat bangkit dan bumi nusantara ini lebih dikenal di dunia internasional," ujar Andre Rosiade menegaskan.

Simak juga 'Sirkuit Mandalika Disebut Juga Ditawari Gelar F1':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)