detik's Advocate

Saya Dinikahi Duda Tanpa Akta Cerai, Bagaimana Nasib Anak Kami?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 08:12 WIB
Achmad Zulfikar Fauzi
Achmad Zulfikar Fauzi (dok.pri)
Jakarta -

Tertib administrasi dalam kependudukan membuat proses ke depan lebih pasti. Namun karena satu dua hal, acap kali ada yang memilih mengabaikannya. Belakangan, hal itu menjadi masalah.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate. Berikut pertanyaan lengkapnya yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com :

Saya sudah menikah selama 4 tahun, satu anak. Saat mau menikahi saya, suami saya adalah duda anak 2. Suami belum ada akta cerai dengan mantannya. Sehingga saya belum punya kartu keluarga dan akta lahir buat anak saya.

1. Bagaimana cara saya mendapatkan akta lahir dan kartu keluarga, dan akta cerai suami? Mantannya suami saya juga sudah berkeluarga dan punya anak lagi.
2. Apa tetap harus sidang cerai?
3. Biayanya berapa?
4. Mantannya tinggalnya beda provinsi.
5. Apa langkah awal yang harus dilakukan untuk mendapat kartu keluarga,dan akta lahir anak? Terlebih akta cerai suami dengan mantannya.
6. Jika mantannya nggak hadir sidang cerai. Bisa langsung putusan? Padahal memang sudah jelas berpisah. Masing masing punya keluarga baru.

Terima kasih sebelumnya.
(nama saya disembunyikan saja)


Untuk menjawab pertanyaan di atas, detik's Advocate mengupas tuntas dengan advokat Achmad Zulfikar Fauzi.,SH. Berikut jawaban lengkapnya di halaman selanjutnya:

Simak juga 'Jalan Terjal Anak di Luar Nikah Menggugat Hak ke Ayah Biologis':

[Gambas:Video 20detik]