Apakah Semua Penerima Aliran Dana Pencucian Uang Dipenjara?

ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Apakah Semua Penerima Aliran Dana Pencucian Uang Dipenjara?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Mar 2022 11:09 WIB
Boris Tampubolon
Boris Tampubolon (ist)

Bila semua pihak yang menerima uang IK disamaratakan tanpa melihat indikator di atas, maka pedagang asongan, atau penjual makanan, penjual rokok yang pernah menerima uang dari IK karena IK, misalnya, pernah membeli makanan atau rokok dari pedagang tersebut harus juga mengembalikan uang.

Jadi tidak bisa semua orang yang menerima uang dari IK disamaratakan bisa dikenai TPPU, harus benar-benar diperhatikan kesamaan niat (mens rea) dari pihak-pihak yang menerima uang IK dan memperhatikan setidaknya ketiga indikator di atas.

Terima kasih

Boris Tampubolon, S.H.

Advokat dan Founder Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (DNT Lawyers)

Tentang detik's Advocate

detik's Advocate adalah rubrik di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email: redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.


(asp/asp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT