ADVERTISEMENT

Begal Sepeda di Senayan Operasi 3 Hari Berturut-turut, 1 Korban Terluka

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 19:03 WIB
Polisi merilis kasus begal pesepeda yang viral terjepret kamera fotografer di Senayan
Polisi merilis kasus begal pesepeda yang viral terjepret kamera fotografer di Senayan. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkapkan dua begal sepeda di flyover Senayan, Jakarta Pusat, sudah 3 kali melakukan aksi serupa selama 3 hari berturut-turut. Salah satu korbannya sampai jatuh dan terseret hingga mengalami luka-luka.

"Di antaranya pada hari Sabtu tanggal 26 Februari tahun 2002 di Pancoran, Jakarta Selatan, dengan melakukan penjambretan dengan hasil satu buah handphone Samsung jenis A70 warna hitam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

Kedua pelaku juga sempat melakukan aksi serupa di kawasan Pakubuwono dan Mayestik, Kebayoran Baru.

"Tanggal 27 Februari tahun 2022, di Jalan Pakubuwono, Kebayoran Lama, ini juga sama ya melakukan penjambretan dengan hasil iPhone 11 warna gold," kata dia.

"Kemudian yang ketiga tanggal 28 Februari tahun 2002, di Mayestik, Kebayoran Baru, ini melakukan penjambretan dan berhasil iPhone 11 warna hitam," imbuhnya.

Beli Narkoba

Berdasarkan hasil interogasi dan pemeriksaan, Zulpan mengatakan, hasil dari beberapa aksi yang pelaku lakukan digunakan untuk membeli narkoba jenis sabu.

"Kemudian dari hasil kejahatan tersebut handphone-nya ini dijual, dan uangnya dibelikan narkoba jenis sabu," kata dia.

Atas kasus ini, para pelaku disangkakan pasal 363 KUHP Jo Pasal 53 dan Pasal 486 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. Zulpan mengatakan, karena NJ seorang residivis dan belum lima tahun melakukan tindakan serupa, hukuman penjara ditambah sepertiga dari hukuman maksimal.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT