Terlalu! Begal Sepeda Jual Hasil Kejahatan demi Beli Narkoba

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 18:38 WIB
Polres Jakpus gagalkan peredaran 115 Kg sabu selama 3 bulan operasi
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi (Foto: dok. Polres Jakpus)
Jakarta -

Polisi menangkap HS alias B (32) dan NJ alias N (32), begal pesepeda yang viral kejepret fotografer di flyover Senayan, Jakarta Pusat. Pelaku menjual barang rampasan korban untuk membeli narkoba.

"Mereka berani agresif pasti ada sesuatu, ternyata masuk pemeriksaan yang bersangkutan bukan lagi bermotif ekonomi, tetapi kecanduan narkoba, khususnya sabu," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

Hengki mengatakan kedua pelaku dikenal tidak memiliki rasa empati dan bisa nekat mencelakai korban karena terpengaruh narkoba.

"Mereka agresif, hilang rasa takut, hilang rasa empati, ternyata dalam pengaruh narkoba," imbuh Hengki.

Diketahui peristiwa pembegalan tersebut terjadi di flyover Senayan, Jalan Gerbang Pemuda, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/3) sekitar pukul 05.25 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, sebelum beraksi di flyover Senayan, kurang dari sebulan pelaku juga melakukan tindakan serupa di tiga tempat berbeda.

"Di antaranya pada hari Sabtu tanggal 26 Februari tahun 2022 di Pancoran, Jakarta Selatan, dengan melakukan penjambretan dengan hasil satu buah handphone Samsung jenis A70 warna hitam," kata Zulfan.

Selain itu, pelaku juga sempat melakukan aksi di daerah Pakubuwono dan Mayestik, Kebayoran Baru.

"Tanggal 27 Februari tahun 2022, di Jalan Pakubuwono, Kebayoran Lama, ini juga sama ya melakukan penjambretan dengan hasil iPhone 11 warna gold. Kemudian yang ketiga tanggal 28 Februari tahun 2022, di Mayestik, Kebayoran Baru, ini melakukan penjambretan dan berhasil iPhone 11 warna hitam," imbuhnya.

(mea/mea)