Syarat Bikin KK Baru Nikah, Cek Informasi Lengkapnya di Sini

ADVERTISEMENT

Syarat Bikin KK Baru Nikah, Cek Informasi Lengkapnya di Sini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 18:30 WIB
Syarat bikin KK baru nikah menjadi informasi penting bagi kamu yang baru saja menikah. Apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengurus KK bagi pengantin baru?
Syarat Bikin KK Baru Nikah, Cek Informasi Lengkapnya di Sini (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Syarat bikin KK baru nikah menjadi informasi penting bagi kamu yang baru saja menikah. Hal itu lantaran Kartu Keluarga (KK) wajib dimiliki oleh setiap keluarga, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

KK merupakan kartu identitas yang memuat status, hubungan, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga. KK wajib dimiliki oleh setiap keluarga, sehingga kamu yang baru saja menikah perlu mengetahui syarat dan prosedur pembuatannya.

detikcom sudah merangkum syarat bikin KK baru nikah dari berbagai sumber. Simak ulasannya hingga tuntas.

Syarat Bikin KK Baru Nikah: Ini Dokumen yang Dibutuhkan

Ketika pasangan sudah tercatat menjadi suami istri baik secara agama dan negara, KK harus dibuat terpisah dengan orang tua. Prosedur mengurusnya pun terbilang cukup mudah.

Melansir situs Indonesiabaik yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ada beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam syarat bikin KK baru nikah.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, beriku dokumen yang diperlukan sebagai syarat bikin KK baru nikah:

  • Untuk muslim membawa buku nikah, sementara bagi non muslim harus membawa akta perkawinan
  • Menyertakan KK orang tua masing-masing

Setelah syarat bikin KK baru nikah dilengkapi, nantinya pengantin baru akan dibuatkan KK sekaligus KTP dengan status baru. Untuk diketahui, layanan pembuatan KK tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Jika dokumen syarat bikin KK baru nikah sudah dilengkapi, Dinas Dukcapil bakal memprosesnya. Biasanya KK baru selesai diproses dalam waktu satu hari.

Syarat Bikin KK Baru Nikah: Begini Prosedur yang Dilakukan

Jika dokumen syarat bikin KK baru nikah sudah lengkap, kamu perlu mengikuti prosedur berikut:

  1. Membawa dokumen syarat bikin KK baru nikah ke Kantor Dukcapil
  2. Temui petugas dan sampaikan tujuan mu untuk membuat KK sekaligus KTP baru
  3. Petugas akan membantu proses pembuatan KK dan KTP baru
  4. Jika tidak ada kendala jaringan SIAK, KK baru selesai diurus hanya dalam waktu satu hari

Syarat Bikin KK Baru Nikah Bagi Pasangan Nikah Siri

Syarat bikin KK baru nikah juga bisa dilakukan oleh pengantin yang menikah siri. Pada dasarnya, kata Zudan, setiap penduduk Indonesia wajib mencatatkan diri dalam KK.

Zudan menyatakan, bagi pasangan nikah siri, peran Dukcapil bukan dalam posisi menikahkan. Namun, Dukcapil hanya mencatat bahwa pasangan tersebut sudah melangsungkan pernikahan.

Nantinya di kolom KK baru, akan ditulis keterangan bahwa pasangan tersebut belum tercatat secara negara. "Nanti di dalam kartu keluarga akan dicatat nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat," kata Zudan.

Sementara di DKI Jakarta, pasangan yang nikah siri masih bisa membuat KK asal melampirkan surat nikah siri dan KTP. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin.

"Untuk buat KK bisa kami lakukan bagi pasangan yang menikah siri, namun yang tertera dalam KK statusnya kawin belum tercatat. Persyaratannya melampirkan surat nikah siri dan KTP-nya aja," ujar Plt Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin, secara terpisah.

Syarat bikin KK baru nikah sudah diketahui. Simak pula manfaat Kartu Keluarga di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT