Persyaratan Naik Kereta Api Lokal-Jarak Jauh, Cek Aturan Terbaru!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 17:41 WIB
Persyaratan Naik Kereta Api Lokal-Jarak Jauh, Cek Aturan Terbaru!
Persyaratan Naik Kereta Api Lokal-Jarak Jauh, Cek Aturan Terbaru! (Foto: Dok. KAI Commuter)
Jakarta -

Persyaratan naik kereta api lokal dan jarak jauh kembali dicari tahu. Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran khusus untuk moda transportasi kereta api yang merujuk pada SE Satgas Covid-19 terbaru.

Adapun SE Kemenhub tersebut bernomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Kereta Api pada Masa Pandemi Covid-19. SE ini mulai berlaku efektif 9 Maret 2022 lalu.

Lalu apa saja persyaratan naik kereta api lokal hingga jarak jauh yang dimuat dalam SE tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Naik Kereta Api Lokal

Dilansir laman resmi KAI, calon penumpang kereta api lokal, komuter, jarak dekat dan aglomerasi wajib memenuhi sejumlah syarat sebelum bepergian. Adapun syarat dan ketentuan terbaru merujuk pada SE Kemenhub Nomor 25/2022 adalah sebagai berikut:

Jenis Perjalanan Kereta ApiAturan yang Berlaku
Kereta api lokal, Komuter, Jarak Dekat dan AglomerasiWajib sudah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama
Kereta api lokal, Komuter, Jarak Dekat dan AglomerasiTidak diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Persyaratan Naik Kereta Api Jarak Jauh

Adapun persyaratan bagi calon penumpang kereta api jarak jauh berbeda-beda tergantung status vaksinasi. Berikut informasinya:

Kategori PenumpangPersyaratan yang Berlaku
Penumpang yang sudah divaksin dosis kedua dan ketiga
  • Tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau antigen

Penumpang yang baru divaksin satu dosis

  • Wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (maksimal 3x24 jam) atau rapid test antigen (maksimal 1 x 24 jam) sebelum keberangkatan
Penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi
  • Wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (maksimal 3x24 jam) atau rapid test antigen (maksimal 1x24 jam) sebelum keberangkatan
  • Wajib melampirkan surat keterangan dokter dari RS Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid
Penumpang berusia di bawah 6 tahun
  • Tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau antigen
  • Wajib didampingi orang tua
  • Wajib mengikuti protokol kesehatan ketat


Kini persyaratan naik kereta api lokal hingga jarak jauh sudah diketahui. Selain itu, penumpang juga harus mematuhi sejumlah aturan lainnya. Simak di halaman berikut ini.