Stiker Bangku KRL Dicabut Bikin Tiada Lagi Jarak bagi Anker

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 22:07 WIB
Balita Naik KRL Sudah Diizinkan! Ini Aturan Terbaru di KRL
Foto: Dok. KAI Commuter
Jakarta -

KAI Commuter mulai melonggarkan aturan perjalanan bagi para penumpang. Salah satunya kini tak ada lagi penerapan jaga jarak dalam tempat duduk.

Pembatasan jarak di tempat duduk setiap gerbong, yang semula ditandai stiker berisi larangan duduk, dicabut. Pelonggaran bagi penumpang atau anak kereta (anker) ini mulai berlaku hari ini, Rabu (9/3).

"Petugas KAI Commuter telah mencabut dan membersihkan tempat duduk di KRL dari marka jaga jarak yang sebelumnya ada," demikian keterangan KAI Commuter dalam akun Twitter resminya, Rabu (9/3/2022).

Hal ini merupakan bentuk penyesuaian terkait Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang terbaru.

"KAI Commuter mulai 9 Maret 2022 menjalankan operasi dan layanan KRL sesuai aturan terbaru dari pemerintah yaitu Surat Edaran Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022," tulis KAI Commuter.

KAI Commuter menjelaskan SE Kemenhub itu mengatur kapasitas penumpang kereta api di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan rute Yogyakarta-Solo. Kini kapasitas penumpang ditingkatkan dari 45 persen menjadi 60 persen.

"Dalam aturan tersebut, kereta komuter di wilayah aglomerasi, termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo, diperkenankan melayani pengguna hingga 60% dari kapasitas. Ini merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 45% dari kapasitas," terang KAI Commuter.

Simak halaman selanjutnya