Menanti Duet Pemimpin IKN Nusantara Pilihan Jokowi

ADVERTISEMENT

Menanti Duet Pemimpin IKN Nusantara Pilihan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 06:29 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Kepala dan Wakil Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini. Duet pemimpin IKN ini pun dinantikan.

Berdasarkan undangan untuk salah satu orang pejabat yang diterima detikcom, pelantikan akan digelar di Istana Negara pukul 15.00 WIB. Pelantikan Kepala dan Wakil IKN ini dibarengi dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) masa jabatan 2022-2023.

Ketua MPR Bambang Soesatyo pun mengonfirmasi kabar pelantikan tersebut. "Jam 15.00 WIB di Istana sekaligus pelantikan Gubernur Sulsel yang baru," ujarnya.

Siapa sosok Kepala dan Wakil IKN tersebut?

Informasi yang diterima, Kepala IKN Nusantara akan dijabat oleh Bambang Susantono. Sedangkan Wakil Kepala IKN diduduki oleh Donny Rahajoe.

Penunjukan Kepala IKN merupakan amanat Undang-Undang IKN. Presiden Jokowi harus memilih Kepala IKN selambat-lambatnya 2 bulan setelah Undang-Undang IKN disahkan.

Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono telah berkiprah dan berkarier cukup panjang. Usai menyelesaikan studi di ITB. Bambang Susantono mengawali kariernya di Departemen Pekerjaan Umum.

Merujuk laman Dephub.go,id, karier Bambang Susantono terus berlanjut ketika dia ditunjuk menjadi Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2008-2010.

Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RIBambang Susantono (Foto: Rachman Haryanto)

Hal yang menarik dari profil Bambang Susantono adalah dia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era kepemimpinan SBY.

Tak hanya itu, Bambang Susantono juga mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sementara di tingkat internasional, Bambang Susantono merupakan Anggota Dewan East Asia Society of Transportation EAST, sekaligus Anggota Dewan South North Foundation yang berpusat di Johanesburg, Afrika Selatan.

Simak lanjutan profil Bambang Susantono dan profil DonnY Rahajoe di halaman berikut



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT