ADVERTISEMENT

Profil Bambang Susantono, Santer Disebut Bakal Jadi Kepala IKN Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 14:48 WIB
Profil Bambang Susantono mulai dicari tahu setelah namanya disebut-sebut menjadi Kepala Otorita. Siapa sosok Bambang Susantono? Bagaimana profil lengkapnya?
Profil Bambang Susantono (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Profil Bambang Susantono mulai dicari tahu setelah namanya disebut-sebut menjadi Kepala Otorita. Dikabarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara IKN pada Kamis (10/2/2022) besok.

Profil Bambang Susantono menarik diketahui karena kiprahnya dalam berkarier cukup panjang. Mantan Wamenhub itu dikabarkan menjadi calon kuat Kepala IKN dan bakal dilantik Jokowi bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

Seperti apa profil Bambang Susantono? Bagaimana pula perjalanan kariernya? Simak informasi lengkap berikut ini.

Profil Bambang Susantono: Ini Riwayat Pendidikannya

Untuk mengawali informasi profil Bambang Susantono, mari simak tanggal lahir dan latar belakang pendidikannya. Melansir situs Unkris, Bambang Susantono lahir di Yogyakarta, 4 November 1963.

Bambang Susantono mengawali pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di California. Berikut pendidikan yang dienyam Bambang Susantono:

  • 1982-1987: S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung
  • 1993-1996: S2 Perencanaan Wilayah dan Kota University of California
  • 1996-1998: S2 Teknik Transportasi University of California
  • 1995-2000: S3 Perencanaan Infrastruktur University of California

Profil Bambang Susantono: Simak Perjalanan Kariernya

Profil Bambang Susantono yang perlu diketahui selanjutnya adalah perjalanan kariernya. Usai menyelesaikan studi di ITB, Bambang Susantono mengawali kariernya di Departemen Pekerjaan Umum.

Merujuk laman Dephub.go,id, karier Bambang Susanto terus berlanjut ketika dia ditunjuk menjadi Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2008-2010.

Hal yang menarik dari profil Bambang Susanto adalah dia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era kepemimpinan SBY.

Tak hanya itu, Bambang Susantono juga mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sementara di tingkat internasional, Bambang Susantono merupakan Anggota Dewan East Asia Society of Transportation EAST, sekaligus Anggota Dewan South North Foundation yang berpusat di Johanesburg, Afrika Selatan.

Untuk melengkapi profil Bambang Susantono, jika merujuk situs ADB, Bambang Susantono sempat menjadi Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB). Amanat itu dia emban pada Juli 2015.

Dia bertanggung jawab atas pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim juga Departemen Hubungan Eksternal.

Profil Bambang Susantono: Aktif Menulis Buku

Informasi lain yang penting diketahui terkait profil Bambang Susantono yakni hobinya dalam menulis. Berkat pendidikan dan karier yang diemban, Bambang Susantono berhasil merilis buku di bidang transportasi.

Adapun beberapa karya yang berhasil ia terbitkan adalah:

  1. Strategi Dalam: Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah
  2. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis
  3. Revolusi Transportasi
  4. 1001 Wajah Transportasi Kita
  5. Transportasi&Investasi: Tantangan dan Perspektif Multidimensi
  6. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis
  7. Strategi Dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah
  8. Revolusi Transportasi

Lihat juga video 'Jokowi Singgung WA Grup yang Tak Setuju IKN':

[Gambas:Video 20detik]



Profil Bambang Susantono sudah diketahui. Simak pula kabarnya yang disebut-sebut menjadi calon kuat Kepala IKN.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT