ADVERTISEMENT

Bambang Susantono Dilantik Jokowi Jadi Kepala IKN Nusantara Besok?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 10:20 WIB
Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RI
Bambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Nama mantan Wamenhub Bambang Susantono santer dikabarkan jadi calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Apakah Bambang bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok bareng pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel)?

Presiden Jokowi dikabarkan sudah mengantongi nama Kepala Otorita IKN Nusantara. Kepala Otorita IKN Nusantara itu disebut bakal dilantik Kamis (10/3/2022).

Informasi mengenai pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara ini sempat disampaikan Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong. Wandy memberi sinyal pelantikan Kepala Otorita IKN bakal digelar pekan ini.

"Lagi menunggu juga. Mudah-mudahan minggu ini. Tapi saya belum bisa memastikan," kata Wandy, Minggu (6/3).

Saat ditanya soal sosok Kepala Otorita IKN, Wandy menyebut Presiden Jokowi sepertinya sudah mengantongi namanya. Namun Wandy belum bisa memberikan keterangan lebih jauh mengenai hal itu.

"Sepertinya sudah," ujar Wandy, Selasa (8/3).

Wandy Tuturoong mengungkap pertimbangan utama Presiden Jokowi dalam memilih Kepala Otorita IKN Nusantara. Wandy menekankan aspek profesionalisme.

"Penekanannya di profesionalisme mengingat tantangan kompleksitas pembangunan IKN," kata Wandy.

Setidaknya ada tiga nama yang dijagokan bakal menjadi Kepala Otorita Nusantara. Ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menkeu dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta eks Wamenhub Bambang Susantono.

Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.

Wasekjen Partai Demokrat Irwan Fecho menilai Bambang memang memiliki pengalaman pemerintahan dan infrastruktur.

"Secara pribadi saya tidak kenal, tapi menurut saya sosok beliau di samping sudah punya pengalaman dalam pemerintahan terkait sektor infrastruktur, transportasi," kata Irwan Fecho kepada wartawan, Rabu (23/2).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Luhut Bertemu Pangeran MBS Bahas Proyek RI-Arab Saudi, Apa Hasilnya?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT