Ridwan Kamil Dukung Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Dukung Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 18:09 WIB
Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjelaskan soal membludaknya populasi motor di Indonesia.
Bambang Susantono (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta -

Nama Bambang Susantono tengah ramai diperbincangkan setelah digosipkan sebagai calon kuat memimpin ibu kota baru (IKN). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung Bambang sebagai Kepala Otorita IKN.

"Ahli bidang pembangunan lulusan teknik sipil. Saya mendukung dan setuju," kata Ridwan Kamil alias RK di Gedung Sate dilansir dari detikJabar, Rabu (23/2/2022).

Sedikit informasi, Bambang Susantono merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia mulanya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Nama Ridwan Kamil Sempat Mencuat

Sekadar diketahui, sebelumnya santer nama Ridwan Kamil yang digadang-gadang menjadi calon Kepala Otorita IKN. Latar belakang gubernur yang akrab disapa Emil yang merupakan seorang arsitek itu dinilai mumpuni.

"Dari awal juga tidak ada perbincangan ke saya. Cuma media yang menghubung-hubungkan. Yang namanya nonparpol kan banyak," kata Emil.

"Saya meyakini Pak Presiden memilih figur yang pas untuk IKN," Emil menambahkan.

Beberapa bulan yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pemimpin ibu kota baru berlatar belakang arsitek. Selain itu, ia berharap pemimpin ibu kota baru pernah memimpin suatu daerah.

Jokowi Segera Lantik Kepala Otorita

Jokowi mengungkapkan tak lama lagi nama calon Kepala Otorita Nusantara akan diumumkan. Bahkan Jokowi menyebut pelantikannya bisa saja digelar pekan depan.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi kepada wartawan seusai peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2/2022).

Setidaknya ada tiga nama yang dijagokan bakal menjadi Kepala Otorita Nusantara. Ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta eks Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.

Simak selengkapnya di detikJabar

Saksikan Video 'Jokowi Beberkan Tahapan Pembangunan IKN Nusantara':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT