Bambang Brodjonegoro Yakin Bambang Susantono Pimpin IKN: Saya ke Kampus

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 13:03 WIB
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan keterangan kepada awak media. Hal itu berkaitan dengan rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta.
Bambang Brodjonegoro (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meyakini eks Wamenhub Bambang Susantono yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bambang Brodjonegoro mengaku saat ini kembali berkegiatan di kampus.

"Sepertinya ke Pak Bambang Susantono, saya sudah kembali ke kampus dan swasta," kata Bambang Brodjonegoro kepada detikcom, Rabu (9/3/2022). Bambang menjawab pertanyaan terkait namanya menguat jadi Kepala IKN Nusantara.

Seperti Bambang Susantono, nama Bambang Brodjonegro juga menguat menjadi Kepala IKN Nusantara. Namun Bambang Brodjonegoro meyakini Bambang Susanto yang kelak dilantik Jokowi jadi Kepala IKN Nusantara.

"Karena yakin bukan saya yang jadi Kepala IKN, kecuali ada kandidat lain," ujarnya.

Bambang Brodjonegoro pun menaruh harapan untuk Kepala IKN Nusantara nantinya. "Bisa membangun most livable city di Indonesia dan ASEAN," imbuhnya.

Nama Bambang Brodjonegoro serta Bambang Susantono sebelumnya menguat jadi Kepala IKN Nusantara. Di tengah gencar isu Bambang Susantono bakal menjadi pemimpin Otorita IKN Nusantara, peluang Bambang Brodjonegoro juga muncul ke permukaan.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi NasDem Syarief Abdullah Alkadrie sempat menduga sosok Bambang yang diisukan sebagai calon Kepala Otorita Nusantara adalah mantan Bambang Brodjonegoro. Seperti diketahui, sosok yang saat ini disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala Otorita Nusantara memiliki nama Bambang.

"Tadi kan kita mikir-mikir, apakah Bambang Brodjonegoro yang pernah menjadi Kepala Bappenas. Kan itu yang awal-awalnya. Tetapi setelah itu, Bambang lain," kata Syarief kepada wartawan, Rabu (23/2).

Syarief mengatakan baru mengetahui saat ini bahwa Bambang yang disebut-sebut kandidat kuat Kepala Nusantara adalah Bambang Susantono. Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu mengaku belum mengenal baik sosok Bambang Susantono.

Lihat juga video 'Tony Blair Puji Jokowi: Pembangunan di RI Sudah 'On The Right Track'':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.