Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

ADVERTISEMENT

Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 08:01 WIB
Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RI
Bambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)

Legislator Puji Bambang Meski Tak Pernah Jadi Kepala Daerah

Anggota DPR RI Novita Wijayanti memberikan penilaian positif terhadap sosok Bambang Susantono, yang disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun ada sejumlah catatan dari Novita jika nantinya Bambang Susantono benar-benar memimpin IKN Nusantara, salah satunya soal hubungan dengan DPR.

"Kalau saya lihat perjalanan karier, ya, sudah bagus," kata Novita kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Novita mengatakan Kepala Otorita Nusantara harus sosok yang sudah berpengalaman dan terbukti memiliki keahlian di berbagai bidang. Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra itu menilai banyak kandidat bagus.

Novita tak masalah Bambang tak pernah jadi kepala daerah. Sebab, jika dilihat dari sisi hukum, sebut dia, tak ada aturan yang mensyaratkan Kepala Otorita Nusantara harus pernah menjabat kepala daerah.

"Kalau belum pernah jadi kepala daerah, saya pikir bukan masalah, karena nggak ada aturan wajib pernah, dan terbuka peluang untuk siapa saja," ucap Novita.

"Yang pasti harus bisa cepat adaptasi menyesuaikan diri dengan sistem dan aturan yang ada," imbuhnya.

Ilmu Pemerintahan Bambang Susantono Dipertanyakan

Di balik dukungan itu, ada juga yang mempertanyakan sosok Bambang Susantono, yakni Elite PPP Syamsurizal. Dia mempertanyakan pengalaman ilmu pemerintahan Bambang.

"Kita tahu beliau itu kan dikatakan menonjol, tidak begitu menonjol, dikatakan tidak menonjol ada orang juga tahu pasti kan. Perlu saya mempertanyakan kondisi pemahamannya tentang penyelenggara pemerintahan, apalagi itu kan di ibu kota negara baru," kata Syamsurizal kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

"Nah, itu harus jelas struktur pemerintahannya kita itu, fungsinya apa dia di sana itu, ini yang perlu kita dapat pengarahan, bagaimana dia bisa tau struktur penyelenggaraan di ibu kota negara baru," lanjut Syamsurizal.

Sebab, menurut Syamsurizal, wilayah ibu kota ini berbentuk otorita yang belum jelas sistem pemerintahannya nanti. Untuk itu, dia menekankan orang yang memimpin harus benar-benar yang memahami pemerintahan.

"Kalau dia gubernur kan jelas ada stafnya, jelas ada sekda, ada DPRD-nya, tapi kalau ini kan IKN itu tidak ada DPRD-nya, kalau orang yang tidak punya pengalaman mendalam tentang pemerintahan ini kan jadi dipertanyakan, bisa nggak," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini lantas berbicara tokoh lain yang masuk kandidat calon ketua ibu kota negara. Syamsurizal menyebut lebih yakin terhadap Ridwan Kamil.

"Kalau saya dengarkan itu kan ada juga rencana menunjuk Ridwan Kamil, salah satunya dari yang beredar, saya agak lebih yakin dengan Ridwan Kamil karena dia orang pemerintahan," ujarnya.


(eva/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT