Legislator Ini Sempat Duga Calon Kepala IKN Bambang Eks Menteri PPN

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 19:56 WIB
Anggota DPR darpi Kalimantan Barat I dari Fraksi NasDem, Syarief Abdullah Alkadrie.
Syarief Abdullah Alkadrie. (Dok: fraksinasdem.org)
Jakarta -

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi NasDem Syarief Abdullah Alkadrie kecele soal calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Syarief sempat menduga sosok Bambang yang diisukan sebagai calon Kepala Otorita Nusantara adalah mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Seperti diketahui, sosok yang saat ini disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala Otorita Nusantara juga memiliki nama Bambang. Namun bukan Bambang Brodjonegoro, melainkan Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) periode 2010-2014.

"Tadi kan kita mikir-mikir, apakah Bambang Brodjonegoro yang pernah menjadi Kepala Bappenas. Kan itu yang awal-awalnya. Tetapi setelah itu, Bambang lain," kata Syarief kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Syarief mengatakan baru mengetahui saat ini bahwa Bambang yang disebut-sebut bakal memimpin Nusantara adalah Bambang Susantono. Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu mengaku belum mengenal baik sosok Bambang Susantono.

"Saya pun baru tahu sekarang Pak Bambang (Susantono) itu. Memang dia pernah jadi Wamehub tahun 2010. Waktu itu saya memang belum di Komisi V. Jadi belum tahu track record beliau," terang Syarief.

Berbicara soal sosok Susantono, yang bersangkutan berasal dari kalangan profesional, bukanlah kader partai politik. Syarief bersyukur jika yang ditunjuk Presiden Jokowi jadi Kepala Otorita Nusantara bukan kalangan politikus.

"Bersyukur. Memang jangan dari parpol supaya tak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, apalagi ini menyangkut 2024. Jangan sampai itu jadi alat politik," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Jokowi Beberkan Tahapan Pembangunan IKN Nusantara':

[Gambas:Video 20detik]