Peringatan Hari Baden Powell 22 Februari, Ini Kisah Pendiri Pramuka Dunia

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 15:07 WIB
by Francis Henry Hart, for  Elliott & Fry, albumen cabinet card, 1896
Peringatan Hari Baden Powell, Pendiri Pramuka Dunia (Foto: National Portrait Gallery London/National Portrait Gallery London - www.npg.org.uk)
Jakarta -

Peringatan Hari Baden Powell jatuh pada hari ini, 22 Februari 2022. Baden Powell yang dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia sangat berjasa bagi perkembangan pramuka di dunia.

Maka dari itu, tanggal kelahiran Baden Powell, yakni tanggal 22 Februari dijadikan Hari Pramuka Sedunia. Hari Baden Powell ini diperingati oleh seluruh asosiasi pramuka di seluruh dunia.

Berikut adalah informasi mengenai peringatan Hari Baden Powell yang sudah kami rangkum.

Peringatan Hari Baden Powell: Mengenal Baden Powell

Pada tanggal 22 Februari setiap tahunnya, jutaan asosiasi pramuka di seluruh dunia berkumpul untuk memperingati Hari Baden Powell. Melansir dari situs Scout.org, Baden Powell lahir di London pada 22 Februari tahun 1857.

Ayah Baden Powell yang merupakan seorang profesor di Universitas Oxford meninggal dunia saat ia berumur 3 tahun. Baden Powell merupakan anak kedelapan dari 10 bersaudara.

Baden Powell mendapatkan beasiswa di Charterhouse School yang merupakan sekolah paling bergengsi di Inggris. Di sekolah tersebut Baden Powell mulai tertarik dengan alam terbuka.

Dia kerap pergi ke hutan sekitar sekolah sambil mencari satwa liat, bahkan pernah juga menangkap dan memasak kelinci. Ketika libur, Baden Powell dan saudara-saudaranya kerap berpetualang bersama.

Baden Powell memang tidak dikenal sebagai salah satu anak yang paling berpikiran akademis, namun dia berhasil lolos ujian masuk tentara dan berada di urutan kedua dari beberapa ratus pelamar. Pada 1903, Baden Powell diangkat sebagai pahlawan nasional karena kemampuannya saat perang Boer.

Peringatan Hari Baden Powell: Sejarah Awal Pramuka di Dunia

Baden Powell berperan penting sebagai penggerak awal pramuka di seluruh dunia. Melansir dari Scouts.org, Baden Powell awalnya menginisiasi kegiatan 'Scouting for Boys' di pulau Brownsea.

Baden mengumpulkan 22 anak laki-laki dan membawa mereka berkemah. Kegiatan tersebut adalah awal mula dari Gerakan Pramuka.

Pada tahun berikutnya, Baden Powell menerbitkan buku pedoman 'Scouting for Boys'. Pedoman itu pun laris-manis dan dipraktikkan oleh banyak anak laki-laki. Buku tulisan Baden Powell itu menyebar di seluruh dunia, bahkan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia.

Pada tahun 1910, di usia Baden Powell yang ke-53, dia pensiun sebagai tentara dan mengabdikan hidupnya untuk gerakan pramuka. Baden Powell berkeliling dunia menginspirasi lebih banyak anak muda untuk bergabung dengan pramuka.

Pada tahun 1920 di Inggris, dilangsungkan jambore pertama di dunia, di mana ada sekitar 8.000 anggota dari 34 negara. Dari situlah Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pramuka Dunia yang dibawanya hingga akhir hayat.

Informasi soal peringatan Hari Baden Powell juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Simak juga 'Jokowi: Pramuka Indonesia Harus Jadi Pelopor Kedisiplinan Prokes':

[Gambas:Video 20detik]