Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Ini Sosok Hamengkubuwono IX

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 14:35 WIB
Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Ini Sosok Hamengkubuwono IX
Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Ini Sosok Hamengkubuwono IX - ilustrasi (Foto: dok. Kwarnas Pramuka Indonesia)
Jakarta -

Siapa nama bapak pramuka Indonesia? Beliau adalah Hamengkubuwono IX. Hamengkubuwono IX berjasa dalam organisasi kepramukaan sejak kepemimpinan Presiden Soekarno.

Organisasi Pramuka di Indonesia diprakarsai lebih dahulu oleh kolonial Belanda. Kemudian resmi berdiri pada 14 Agustus 1961.

Istilah pramuka diambil dari kata Poromuko, yang artinya prajurit yang terdepan dalam suatu peperangan. Pramuka merupakan singkatan dari "Praja Muda Karana" yang berarti jiwa muda yang suka berkarya.

Lalu, apa saja peranan Hamengkubuwono IX dalam kepramukaan Indonesia sehingga dijuluki Bapak Pramuka Indonesia? Berikut informasinya.

Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Ini Profil Hamengkubuwono IX

Hamengkubuwono IX atau Sultan Yogyakarta itu merupakan bapak pramuka Indonesia. Menurut situs Pramuka UAD, Hamengkubuwono IX lahir di Yogyakarta, 12 April 1912 dengan nama Gusti Raden Mas Dorojatun. Hamengkubuwono IX adalah putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah atau Kanjeng Ratu Alit.

Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Pendidikan yang Ditempuh Hamengkubuwono IX

Hamengkubuwono IX mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah yang terletak di berbagai daerah. Berikut nama-nama sekolah yang menjadi tempat Hamengkubuwono IX menempuh pendidikan.

  • Hollands Inlandse School (HIS) atau setara SD di Yogyakarta
  • Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) atau setara SMP di Semarang
  • Algemeene Middelbare School (AMS) atau setara SMA di Bandung.
  • Universiteit Leiden, Belanda.

Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Peranan Hamengkubuwono IX dalam Kepanduan Pramuka

Hamengkubuwono IX sudah berjasa dalam pramuka ketika Indonesia berada dalam kepemimpinan Presiden Soekarno. Pada tahun 1960, Hamengkubuwono IX menjadi Pandu Agung (Pemimpin Kepanduan).

Pada tahun 1961, Presiden Soekarno membentuk Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka, dengan anggota Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh, dan Achmadi. Empat orang tersebut kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka dan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961.

Siapa Nama Bapak Pramuka Indonesia? Jabatan Hamengkubuwono IX dalam Gerakan Pramuka

Mengutip dari situs pramuka DIY Yogyakarta, Hamengkubuwono IX menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional mulai dari tahun 1961 hingga 1974. Ia juga mempelopori sejumlah kegiatan kepramukaan seperti:

  • Perkemahan Satya Dharma tahun 1964.
  • Kegiatan Wirakarya, perkemahan pertama Pramuka Nasional pada 1968.
  • Pembentukan Tri Satya Pramuka serta Dasa Dharma Pramuka yang digunakan hingga saat ini

Siapa nama bapak pramuka Indonesia kini telah diketahui, yakni Hamengkubuwono IX. Dedikasinya di dunia pramuka tak perlu diragukan lagi. Simak informasi selengkapnya di halaman selanjutnya.