ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Penanganan Air PAM Kampung Baru Kubur Bau Bangkai

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 21:09 WIB
Masalah air PAM Kampung Baru Kubur, Koja, Jakut, bau bangkai, kini sudah tuntas. (Repro: Denny Putra/Tim Infografis detikcom)
Masalah air PAM Kampung Baru Kubur, Koja, Jakut, bau bangkai, kini sudah tuntas. (Repro: Denny Putra/Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Sempat beberapa bulan, air PAM yang mengaliri warga Kampung Baru Kubur berbau bangkai. Namun kini, warga di kampung kawasan Koja, Jakarta Utara, sudah bebas dari permasalahan itu.

Permasalahan air PAM berbau bangkai ini dialami oleh warga di RT 07 RW 15 Kampung Kubur Baru. detikcom Do Your Magic mengawal kesusahan warga ini sejak 7 Januari 2022 sampai solusinya ketemu.

Warga setempat bernama Then Ket Liong (42) mengeluhkan kualitas air PAM ini. Gara-gara air ini bau, dia harus membeli air dari warga lain senilai Rp 100 ribu sampai 200 ribu tiap bulan. Warga mengalami krisis air bersih.

"Kurang lebih sudah empat bulan (air berbau bangkai)," kata Then Ket Liong, 7 Januari lalu.

Ketua RT 07, Leni Indrayani (47), dialami warga yang menghuni 10 rumah di di sini. Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta bergerak mencari tahu. PAM Jaya dan PALYJA membereskan keadaan.

Solusi sementara dieksekusi PAM Jaya. Perusahaan pelat merah milik Pemprov DKI ini menyediakan tiga tandon untuk memenuhi kebutuhan air warga. Tandon ini terpantau ada di lokasi pada 25 Januari 2022.

Tandon dari PAM Jaya untuk atasi masalah air bersih di Kampung Kubur Baru, Koja, Jakarta Utara, Selasa (24/1/2022).Tandon dari PAM Jaya untuk atasi masalah air bersih di Kampung Kubur Baru, Koja, Jakarta Utara, Selasa (24/1/2022). (Marteen Ronaldo/detikcom)

Akhirnya 21 Februari, air PAM di Kampung Baru Kubur tak lagi berbau bangkai. "Terima kasih sudah mau membantu sampai kita kembali memperoleh air bersih," kata Then Ket Liong.

Begini perbandingan before (sebelum) dan after (sesudah) penanganan masalah oleh PAM Jaya dan PALYJA:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT