ADVERTISEMENT

4 Saran Komnas Perempuan Usai Quweenjojo Klarifikasi Tuduhan ke Gofar Hilman

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 12:06 WIB
Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah
Foto: Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Perempuan yang mengaku sebagai korban pelecehan seksual oleh penyiar radio sekaligus YouTuber Gofar Hilman memberi klarifikasi dan meminta maaf. Komnas Perempuan pun meminta polemik yang muncul usai wanita tersebut menyampaikan klarifikasi dihentikan.

"Telah beredar sebuah video berisi pernyataan S, korban kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh GH, yang memberikan informasi berbeda mengenai kejadian yang dialaminya. Menanggapi pertanyaan publik mengenai video tersebut dan berdasarkan komunikasi dengan para pendamping, Komnas Perempuan menyampaikan ajakan untuk menghentikan polemik terkait dengan video tersebut, sekaligus menyerukan pentingnya untuk menghormati keputusan korban dan saat bersamaan terus membangun solidaritas terhadap korban kekerasan seksual dan para pendamping korban," kata Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi dalam keterangan tertulis, Senin (14/2/2022).

Siti juga berterima kasih kepada LBH APIK Jakarta dan Safenet yang mendampingi korban. Dia menyebut penanganan kasus dugaan pelecehan merupakan hal yang kompleks.

"Kerja-kerja tersebut mulai dari mengurai kasus, mengklarifikasi, memverifikasi dan pada saat yang sama terus melakukan pemulihan pada korban karena tidak jarang korban mengalami goncangan mental saat proses penanganan. Dalam proses ini, prinsip pemberdayaan dan penghormatan terhadap korban merupakan bagian fundamental dari pendampingan," ujarnya.

Siti meminta para korban dan penyintas kekerasan seksual untuk saling menguatkan di tengah polemik video klarifikasi yang diunggah akun Twitter Quweenjojo. Komnas Perempuan menyebut kekerasan seksual berawal dari ketimpangan relasi antara perempuan dan laki-laki.

Komnas Perempuan pun menyerukan empat hal terkait polemik klarifikasi dan permintaan maaf Quweenjojo ke Gofar Hilman:

1. Mengajak masyarakat untuk bersolidaritas dan mendukung korban kekerasan seksual dan para pendamping korban, termasuk dengan menghentikan polemik berkaitan dengan video tersebut di atas;

2. Mengajak masyarakat memahami kompleksitas situasi yang dihadapi para korban kekerasan seksual sehingga menghargai keputusan korban dan tetap mendukung korban.

3. Menyarankan media massa dan para influencer di media sosial untuk membantu memperkuat pemahaman tentang kompleksitas situasi yang dihadapi para korban dan pilihan penyelesaian kasusnya.

4. Memberikan dukungan kepada para pendamping dan korban kekerasan seksual yang bersuara dan mengklaim keadilannya dan pemulihannya.

Simak video 'Titik Terang Gofar Hilman Lalui Tuduhan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT