Langgar Aturan PPKM, Resto-Tempat Karaoke di Jakbar Diberi Sanksi

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 13 Feb 2022 12:54 WIB
Satpol PP DKI sidak tempat hiburan malam di Jakbar
Satpol PP DKI melakukan sidak tempat hiburan malam di Jakbar. (Foto: dok. Instagram)
Jakarta -

Satpol PP DKI Jakarta menyidak sejumlah tempat hiburan di wilayah Jakarta Barat. Ada dua tempat diberi sanksi, yakni restoran dan tempat karaoke, karena melanggar aturan PPKM level 3.

Sidak berlangsung pada Sabtu (12/3) malam. Berdasarkan informasi dari Instagram resmi @satpolpp.dki, sanksi yang diberikan mulai teguran hingga penutupan sementara.

Salah satu tempat hiburan yang diberi sanksi adalah Happy Melodi Karaoke, Jembatan Besi, Jakarta Barat. Tempat karaoke itu diberi sanksi penutupan sementara lantaran belum memiliki rekomendasi operasional pada masa PPKM.

"Diberi sanksi penghentian sementara kegiatan karena tempat tersebut belum memiliki rekomendasi operasional karaoke pada masa PPKM dan juga beroperasi melebihi aturan jam operasional usaha," tulis keterangan tersebut, Minggu (13/2/2022).

Selain itu, Guo Guo Xiang Hotpot Restoran Jembatan Besi, Jakarta Barat, diberi sanksi oleh pihak Satpol PP. Sanksi berupa teguran tertulis dikarenakan melanggar aturan jam operasional dan penggunaan QR code aplikasi PeduliLindungi.

"Pada restoran tersebut juga dilakukan pengamanan barang sementara sejumlah 37 botol minuman beralkohol karena tidak dapat menunjukkan perizinan penjualan minuman beralkohol sesuai ketentuan," jelasnya.

Petugas juga menyusuri sejumlah tempat hiburan malam lainnya, seperti bar. Penyusuran dilakukan di kawasan Sawah Besar, Mangga Besar, Taman Sari, dan Kota Tua.

"Secara umum seluruh tempat yang dilakukan pengawasan dalam kondisi sudah tutup dan mengikuti ketentuan pembatasan jam operasional usaha masa PPKM level 3 Jakarta," tulisnya.

Satpol PP DKI mengimbau kepada masyarakat tetap mematuhi aturan PPKM level 3 di Jakarta serta menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona.

"Warga masyarakat diimbau tetap mengurangi aktivitas berkumpul dan berkerumun di ruang publik. Para pelaku usaha juga diminta tetap melaksanakan operasional usaha sesuai ketentuan pada masa PPKM level 3. Pengaturan dan pembatasan adalah untuk bersama-sama saling melindungi dari penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Berikut lokasi yang disidak:

1. Club 36 Jakarta, Jl. Labu, Mangga Besar, Jakarta Barat
2. Salon & Kedai Kopi 169, Jl. Mangga Besar VII, Jakarta Barat
3. Rambler's Bar, Komplek THR Lokasari, Jakarta Barat
4. Cherry Bar & Karaoke, Komplek THR Lokasari, Jakarta Barat
5. KTV Bar & Karaoke, Komplek THR Lokasari, Jakarta Barat
6. Masterpiece Bar & Karaoke, Jl. Raya Mangga Besar, Jakarta Barat
7. Happy Puppy Bar & Karaoke, Ruko Grand Kartini, Jl. Kartini Raya, Jakarta Barat
8. Redtop Hotel & Convention Center, Hotel Bar n Resto, Jl. Pecenongan No.2, Jakarta Barat
9. Kafe Barera, Jl. Kunir, Pinangsia, Jakarta Barat
10. New Royal Club, Jl. Pangeran Jayakarta, Mangga Dua Selatan, Jakarta Barat
11. New Sariayu Club, Bar & Karaoke, Komplek Kota Indah, Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat
12. V-Four massage & Bar, Komplek Kota Indah, Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat

(dek/dek)