3 Kafe di Jaksel Disanksi Berbeda Padahal Pelanggarannya Sama, Ini Sebabnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 19:43 WIB
Kafe di W Home ditutup 3 hari usai langgar prokes
Code In di W Home ditutup 3 hari usai langgar prokes (M Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Satpol PP menutup tiga kafe di kawasan Jakarta Selatan, karena pelanggaran prokes. Namun, sanksi ketiga kafe tersebut beda-beda meski sama-sama melanggar jam operasional di masa PPKM Level 2 DKI Jakarta.

Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan menjelaskan alasan ketiga kafe itu diberikan sanksi yang berbeda. Ketiga kafe yang ditutup Satpol PP adalah ODIN, Code In dan Dronk Bar & Club Kemang.

"Sanksi itu berbeda karena dilihat dari waktu penegurannya. Code In itu baru sekali melanggar, makanya ditutup tiga hari," kata Ujang saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/2/2022).

Sedangkan Dronk Bar & Club Kemang, Jakarta Selatan, sebelumnya sudah diberi peringatan. Namun karena masih melanggar, polisi pun terpaksa memberi sanksi berupa denda Rp 50 juta.

"Kalau Dronk itu sudah diingatkan sebelumnya, makanya dikenakan denda dan ditutup satu minggu," jelasnya.

Sementara ODIN di Senopati diberikan sanksi penutupan operasional selama 7 hari karena sudah 2 kali melanggar. Sebelumnya, ODIN sudah pernah diberikan sanksi teguran tertulis karena melanggar PPKM.

"Sebelumnya dilakukan teguran tertulis," kata Ujang kepada wartawan, Jumat (4/2) malam.

Ke depan, sambung Ujang, tak menutup kemungkinan pihaknya kembali melakukan sidak. Dia pun meminta pelaku usaha maupun masyarakat tertib di situasi COVID-19 ini.

"Ya pastinya kita akan melakukan pengecekan. Tetap kita laksanakan proses pengecekan, memastikan prokesnya berjalan, benar-benar mereka beroperasi sesuai aturan ya," kata Ujang.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.