Bali PPKM Level Berapa? Ini Status dan Aturan Terbaru

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 10:36 WIB
Bali PPKM level berapa? Pertanyaan ini penting diketahui usai pemerintah menaikkan status PPKM di sejumlah daerah.
Bali PPKM Level Berapa? Simak Lagi Aturan-Jawabannya di Sini! (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

Bali PPKM level berapa? Pertanyaan ini muncul usai pemerintah menaikkan status PPKM di sejumlah daerah. Naiknya status PPKM karena rendahnya tracing.

Bali merupakan salah satu daerah yang status PPKM-nya naik. Untuk menjawab Bali PPKM level berapa, detikcom sudah merangkumnya melalui ulasan di bawah ini.

Bali PPKM Level Berapa: Ini Status Terbarunya

Jawaban atas pertanyaan Bali PPKM level berapa tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 09 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri itu, Bali masuk ke daftar daerah yang menerapkan PPKM level 3. Dengan demikian, ada perubahan status PPKM dari sebelumnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga telah memberi penjelasan soal Bali PPKM level berapa. Dia mengungkapkan, naiknya status PPKM Bali bukan karena tingginya kasus, melainkan rendahnya tracing.

"Berdasarkan level asesmen saat ini kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, DIY, Bali, Bandung Raya akan ke level 3. Hal ini terjadi bukan akibat tingginya kasus. Saya ulangi bukan akibat tingginya kasus tapi karena rendahnya tracing," ujar Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (7/2).

Kendati status PPKM Bali dinaikkan, namun Luhut menegaskan sejauh ini penyebaran virus COVID-19 khususnya varian Omicron dapat terkendali. Dia pun meminta masyarakat agar tidak panik berlebihan.

"Karena kami terus terang tidak ingin juga kita ketakutan dan ekonomi kita terganggu padahal sebenarnya tidak ada masalah. Jadi kalau kita semua disiplin, kita semua bahu membahu, tidak saling menyalahkan mestinya tidak banyak masalah yang kita hadapi," ucap Luhut.

Sejalan dengan Bali PPKM level berapa, pemerintah kembali menyesuaikan aturan. Simak aturan lengkapnya di halaman selanjutnya.