ADVERTISEMENT

Inspirasi

Viral! Kebaikan Hati Coki Bantu Ojol yang Diamputasi Dapatkan 'Kaki' Lagi

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 12:04 WIB
Bekasi -

Warganet kagum dengan kebaikan hati Coki Tobing. Dia berupaya membantu seorang sopir ojek online (ojol) yang kakinya diamputasi dengan cara membuatkan kaki palsu.

Unggahan Coki Tobing lewat akun Twitter-nya, @cktbng, pada 29 Januari 2022 lalu mengundang simpati Dia memasang gambar sopir ojek online yang telah dibantunya.

Dia menyebut ojol 'berkaki satu' yang dibantunya sebagai pria yang berdaya juang luar biasa. Ojol itu kehilangan satu kakinya karena diamputasi. Ojol itu sempat membuat kaki palsu sendiri lewat besi, cetakan sepatu berbahan kayu, bahkan knalpot sepeda motor. Kaki palsu tak standar ini bisa membahayakan penggunanya.

Dengan keterbatasan fisik itu, Pak Ojol tetap bekerja untuk menafkahi anaknya yang sakit kanker. Tersentuh oleh perjuangan hidup ojol ini, Coki Tobing meneteskan air mata. Dia memutuskan membantu pria ojol itu dengan cara membuatkan kaki palsu yang sesuai standar.

Hingga Jumat (4/2), cuitan Twitter Coki yang membantu ojol itu sudah disukai 64,8 ribu akun, di-retweet 16,4 ribu kali, dan di-quote tweet sebanya 1.139 kali. Unggahannya viral.

Terlihat di foto, Coki yang bermasker putih memeriksa dan mengukur kaki Pak Ojol yang buntung itu. Pak Ojol masih mengenaan seragam jaket hijau dan masker hitam.

Siapa Coki Tobing

Coki Tobing adalah CEO Delivering Dream (DARE), perusahaan produsen prostesis, atau bahasa awamnya adalah kaki palsu hingga tangan palsu. Prostesis adalah alat untuk menggantikan bagian tubuh yang hilang atau diamputasi. DARE juga memproduksi ortosis yakni alat untuk menopang, mengoreksi, atau mengakomodasi tulang seseorang akibat kelainan atau kerusakan.

Orang yang memproduksi prostesis dan ortosis disebut sebagai prostetis dan ortotis, Coki Tobing adalah orang yang bekerja sebagai prostetis dan ortotis. Coki tidak hanya berbisnis kaki palsu namun juga membantu orang yang membutuhkan kaki palsu dengan memberi kaki palsu secara cuma-cuma, seperti kabar viral lewat akun Twitter-nya itu.

"Iya jadi memang kita mau membantu teman-teman difabel begitu ya, untuk mendapatkan kaki palsu itu, salah satunya yang driver ojol itu," kata Coki kepada detikcom, di bengkelnya, Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Kamis (3/2/2022).

Coki Tobing pembuat kaki palsu (prostesis dan ortosis). (Dok pribadi Coki Tobing)Pak Herry, sopir ojol yang dibuatkan kaki palsu (prostesis dan ortosis).

Coki menyatakan nama sopir ojek online yang dibantunya itu adalah Pak Herry. Coki kaget seketika mengetahui kaki palsu yang dibikin sendiri oleh Herry terbuat dari besi hingga knalpot.

"Saya sempat kaget, ternyata kaki palsu dia terbuat dari knalpot (saat itu). Itu membuat saya kaget serta kagum karena membuat kaki palsu itu nggak mudah. Saya kagum dan saya share, akhirnya bisa seramai itu (viral)," kata Coki.

Coki Tobing pembuat kaki palsu (prostesis dan ortosis). (Dok pribadi Coki Tobing)Kaki palsu. (Dok pribadi Coki Tobing)

Pembuatan kaki palsu memakan waktu selama tiga hari. Secara umum, bila banyak pesanan maka pembuatan bisa memakan waktu sampai 10 hari. Kaki palsu selesai dibikin dan diberikan gratis untuk Pak Herry pada 29 Januari lalu.

Simak Video: Pantang Menyerah Driver Ojol di Tengah Keterbatasan Disabilitas

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT