ADVERTISEMENT

MA Tak Beri Bantuan Hukum ke Hakim Itong: Dia Mengkhianati Institusi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 13:58 WIB
Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Sunarto
Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial Sunarto (Wilda Nufus/detikcom)

Sunarto mengatakan sejatinya pihaknya telah mengingatkan kepada para hakim bahwa mereka adalah wakil Tuhan di dunia untuk mencerminkan nilai-nilai keadilan. Dia menyebut hal itu harus benar-benar tertanam di diri masing-masing hakim.

"Itu kami selalu berusaha untuk mengingatkan bahwa wakil Tuhan di dunia, dengan putusan irah-irah-nya demi keadilan berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa. Kalau dipelesetkan nanti berdasarkan keuangan yang mahakuasa. Nah, itu yang kita hindari, kita ingatkan terus. Apa yang kita cari dalam hidup ini," kata Sunarto.

Sebelumnya, KPK menetapkan Itong dan Hamdan sebagai tersangka di kasus suap vonis perkara PT SGP. Dalam kasus ini, keduanya diduga menerima suap.

"KPK menemukan adanya bukti permulaan yang cukup. Maka KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka sebagai berikut: sebagai pemberi HK, sebagai penerima HD dan IIH," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/1).

Hendro Kasiono adalah pengacara PT SGP. Dalam operasi tangkap tangan (OTT), KPK mengamankan dua orang lainnya, yakni Achmad Prihantoyo (Direktur PT SGP) dan Dewi (Sekretaris HK), namun keduanya tak ditetapkan sebagai tersangka.

Nawawi menjelaskan, ke depan, HK akan ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat, Hamdan ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur dan Itong Isnaeni Hidayat ditahan di Rutan KPK Kaveling C1.


(whn/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT