KPK Sita Berkas Perkara yang Diadili Hakim Itong

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 18:23 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima banyak dokumen dari Pengadilan Negeri Surabaya (PN) terkait berkas perkara yang diadili oleh Itong Isnaeni. Itong merupakan hakim PN Surabaya yang terjaring OTT KPK terkait dugaan suap perkara.

"Tim penyidik telah selesai koordinasi dengan pihak PN Surabaya terkait permintaan berbagai bukti yang dibutuhkan pada proses penyidikan di antaranya sejumlah dokumen penanganan perkara oleh tersangka IIH dan kawan-kawan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (28/1/2022).

Ali menerangkan, dokumen itu akan menjadi barang bukti yang akan diteliti oleh penyidik untuk melengkapi berkas perkara. Penyidik KPK juga akan segera memeriksa saksi-saksi terkait kasus ini.

"Selanjutnya, bukti-bukti dokumen tersebut akan segera dianalisa dan disita untuk melengkapi berkas perkara serta sekaligus dikonfirmasi ulang pada para saksi-saksi yang akan segera dipanggil oleh tim penyidik KPK," ujar Ali.

Sebelumnya, KPK menetapkan Itong dan panitera pengganti di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Mohammad Hamdan, sebagai tersangka di kasus suap vonis perkara PT SGP. Dalam kasus ini, keduanya diduga menerima suap.

"KPK menemukan adanya bukti permulaan yang cukup. Maka KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka sebagai berikut: sebagai pemberi HK, sebagai penerima HD dan IIH," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/1).

Hendro Kasiono adalah pengacara PT SGP. Dalam operasi tangkap tangan (OTT), KPK mengamankan dua orang lainnya, yakni Achmad Prihantoyo (Direktur PT SGP) dan Dewi (Sekretaris HK), namun keduanya tak ditetapkan sebagai tersangka.

Nawawi menjelaskan, ke depan, HK akan ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat, Hamdan ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur dan Itong Isnaeni Hidayat ditahan di Rutan KPK Kaveling C1.

"Itu tidak benar. Omong kosong," kata Itong membantah saat konpers di KPK.

(whn/knv)